STUDY DESKRIPTIF TENTANG CUSTOMER COMPLAINTS DI RESTORAN WOK NOODLES DI GALAXY MALL SURABAYA
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang alasan customer complaints di restoran WOK Noodle di Galaxy Mall, Surabaya. Target populasi dalam penelitian ini adalah pria dan wanita yang pernah makan dan minum di restoran WOK Noodle di Galaxy Mall, Surabaya dan pernah melakukan complaint. Responden yang berdomisili di Surabaya, pendidikan minimal SMU/SMA sederajat, pernah makan dan minum minimal dua kali di restoran di Surabaya dalam kurun waktu enam bulan terakhir, dan pernah melakukan complaint minimal satu kali dalam enam bulan terakhir. Aras pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah aras nominal. Metode pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan distribusi frekuensi, persentase dalam diagram batang dan tabulasi silang. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa paling banyak customer complaints pada rasa dan kualitas dengan bentuk komplain pada rasa makanan tidak enak, pada bentuk customer complaints harga dan pembayaran paling banyak bentuk complain terdapat sering kesalahan pencatatan pada nota, pada bentuk customer complaints perlengkapan dan suasana paling banyak pada restoran tidak cukup bersih dan penjelasan menu tidak jelas, serta pada bentuk customer complaints karyawan dan layanan paling banyak pada penyajian makanan dan minuman sangat lama.
Downloads
References
Emir, O., 2011, Customer Complaints and complaint behavior in Turkish hotel restaurants: An application in Lara and Kundu areas of Antalaya, African Journal of Business Management, Academic Journals.
Heung, V.C.S., and Lam, T., 2003, Customer complaint behavior towards hotel restaurant services, International Journal of Contemporary Hospitality Management, Emerald Group Publishing Limited.
Tjiptono, F., 2005, Pemasaran Jasa, Penerbit Bayumedia Publishing, Malang.
Tjiptono, F. & Gregrorius, C., 2005, Service, Quality and Satisfaction, Penerbit ANDI,Yogyakarta.
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/520451/ (diunduh September 2012)
http://www.surabayapost.co.id/?mnu=berita&act=view&id=8e08998cb1abb518c122352edea68ea6&jenis=e4da3b7fbbce2345d7772b0674a318d5 (diunduh September 2012)
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/428959/ (diunduh September 2012)
http://studentpreneur.co/penanganan-keluhan-pelanggan/ (diunduh September 2012)
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.