APLIKASI METODE WAGNER-WHITIN ALGORITHM PADA SEDIAAN KAOS OBLONG COLBUS WARNA GELAP UKURAN M DI UD. ANUGERAH SURABAYA

  • Suryani Thesman Manajemen / Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 325 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 1529 times
Keywords: Biaya Sediaan, Dynamic Programming, Wagner-Whitin Algorithm

Abstract

Meningkatnya pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur yang berbanding lurus dengan meningkatnya jumlah unit usaha pada berbagai kelompok industri salah satunya yaitu pada industri tekstil, mengakibatkan semakin meningkat pula jumlah usaha yang bergerak di bidang tekstil, contohnya bidang usaha garmen. Industri garmen menjadi salah satu industri yang mempunyai peran strategis tidak saja karena kontribusinya terhadap perolehan devisa tetapi juga dalam penyerapan tenaga kerja. Oleh karena itu, UD. Anugerah sebagai salah satu badan usaha yang bergerak di bidang usaha garmen yang merupakan distributor pakaian  lokal maupun impor dituntut agar memiliki pengendalian sediaan yang tepat.Masalah di UD. Anugerah adalah sering terjadinya penumpukan stok kaos oblong Colbus warna gelap ukuran M yang berlebihan yang menyebabkan tingginya biaya sediaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengendalian persediaan yang tepat yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Metode pengendalian persediaan yang akan diaplikasikan untuk produk kaos oblong Colbus warna gelap ukuran M adalah metode Wagner-Whitin Algorithm.Metode Wagner-Whitin Algorithm merupakan sebuah pendekatan dynamic programming yang menentukan kebijakan biaya minimum dan memperoleh solusi optimum untuk masalah ukuran pemesanan dinamis deterministik. Metode ini menggunakan 3 langkah, yaitu menghitung biaya total sediaan untuk semua kemungkinan pemesanan, mendefinisikan kemungkinan biaya terendah, dan yang terakhir adalah menjelaskan solusi optimum untuk kuantitas pemesanan.Setelah dilakukan perhitungan dengan menggunakan metode Wagner-Whitin Algorithm, selanjutnya dilakukan analisis perbandingan hasil antara metode Wagner-Whitin Algorithm dengan kebijakan awal perusahaan. Didapatkan hasil bahwa dengan menggunakan metode Wagner-Whitin Algorithm , UD. Anugerah terbukti dapat meminimumkan biaya sediaan .

Downloads

Download data is not yet available.

References

Assauri, Sofjan 1999., Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi revisi, Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Fogarty, W Donald, et al., 1991, Production and Inventory Control, Jilid 2, USA: College Division South-Western Publishing Co.

Grossman, G.M dan Shapiro., 1988, Foreign Counterfeiting of status Goods, Quartely Journal of Economics.

Handoko, Hani T., 1992, Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi Pertama, Yogyakarta: BPFE.

Nasution, Hakim A, 1998., Perencanaan dan Pengendalian Persediaan, Edisi Pertama, Surabaya: Teknik Industri ITS.

Noori, Harnid., 1995, Production and Operations Management: Total Quality and Responsiveness, International Edition, New York: Mc Graw-Hill,Inc.

Render, Barry dan Jay Heizer., 2001, Prinsip-prinsip Manajemen Operasi, Jakarta: PT. Salemba Emban Patria.
Stevenson, W.J., 2005, Operation Management, Edition, New York: Mc Graw Hill, Inc.

Tan, L., 2009, The New Way of Lifestyle, Grand Indonesia Magazine, April 2009 , p.iii

Tersine, R. J., 1994, Principles of Inventory and Material Management, Edition, Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall, Inc.,

Wagner, H.M, 1974, Principles of Operation Research with Applications to Managerial Decisions, USA: Prentice-Hall Waters, Donald., 2003, Inventory Control and Management, Edition, England: John Wiley & Sons Ltd.
Published
2013-03-01