PERANCANGAN MEDIA PROMOSI DAN REDESAIN IDENTITAS VISUAL PT. TEJA SEKAWAN COCOA INDUSTRIES

  • SHARLEEN ZIRVANA Teknik Informatika Program Multimedia / Fakultas Teknik Universitas Surabaya
  • Melissa Angga Fakultas Teknik Universitas Surabaya
  • Tyrza Adelia Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 163 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 208 times
Keywords: brand, redesain, identitas visual, target market, media promosi, konsisten

Abstract

PT. Teja Sekawan Cocoa Industries merupakan sebuah perusahaan pengolah dan ekspor biji kakao yang berdiri pada tahun 1987, dan memiliki identitas visual yang mencerminkan cita-cita pemilik perusahaan. Namun, muncul perusahaan dengan identitas visual yang serupa. Identitas visual tersebut tidak lagi menjadi karakteristik bagi perusahaan. Selain itu, identitas visual tersebut tidak mencerminkan gambaran usaha dan citra dari PT. Teja Sekawan Cocoa Industries. Hal tersebut membuat target market memberikan persepsi yang salah. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dilakukan proses redesain, dan penerapannya secara konsisten dalam media promosi untuk membantu perusahaan dalam berkomunikasi dengan target market. Diawali dengan penelitian dan pencarian teori yang relevan dan mampu mendukung analisa yang akan dilakukan. Juga dilakukan analisis mengenai permasalahan yang ada dan juga analisis terhadap kebutuhan target market, analisis competitor, dan juga analisis tren logo. Hasil analisis tersebut berupa kesimpulan akan permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan. Setelah ditemukan strategi untuk mengatasi permasalahan yang ada, maka dibuatlah konsep desain. Konsep desain tersebut kemudian diterapkan dalam identitas visual perusahaan yang kemudian diaplikasikan dalam beberapa media promosi sebagai media komunikasi seperti stationary, media cetak, dan website. Setelah itu, maka dilakukan uji coba terhadap identitas visual dan terhadap media yang telah dibuat. Hasil dari uji coba tersebut menunjukkan bahwa identitas visual yang dibuat berdasarkan citra dari suatu perusahaan membantu brand tersebut lebih dikenali oleh target market dan menanamkan dalam benak market.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Elving et al. (2005). How corporate visual identity supports reputation, Corporate Communications: An International Journal, Vol. 10 Iss 2 pp. 108 – 116. Retrieved September 23, 2016, from http://dx.doi.org/10.1108/13563280510596925
Published
2018-03-01

Most read articles by the same author(s)