PERANCANGAN BRAND IDENTITY LA LUNA DI KOTA MATARAM
Abstract
La Luna adalah usaha baru yang berada di kota Mataram, produk yang dijual oleh La Luna adalah macam-macam jenis cake. Target market dari La Luna adalah kalangan anak-anak hingga dewasa khususnya pencinta cake ataupun orang yang membutuhkan cake untuk mengadakan suatu kegiatan. Saat ini La Luna belum memiliki toko. La Luna mempunyai permasalahan yaitu belum memiliki identitas dan belum dikenal oleh masyarakat. Dengan adanya permasalahan tersebut La Luna membutuhkan brand identity dan media promosi yang dapat mendukung La Luna agar menjadi dikenal dan kuat di mata target marketnya. Dalam proses perancangan ini teori-teori didapatkan dari website dan buku yang berisi tentang definisi dan penjelasan dari para ahli yang akan digunakan sebagai dasar perancangan brand identity contohnya seperti logo, warna, tipografi. Pembuatan brand identity ini melalui proses analisis data La Luna dan kompetitor. Hasil dari analisis tersebut akan diolah menjadi sebuah konsep yang berbeda dari kompetitor. Kemudian menghasilkan brand identity berupa nama, logo, bentuk, warna, tipografi dan tagline. Kemudian diimplementasikan ke beberapa komponen yaiu Brand Manual Book, signage, label harga, shopping bag, dus cake dan Website. Kemudian dilakukan uji coba dan evaluasi ke beberapa target market untuk mengetahui apakah proses pembuatan brand idenity ini telah sesuai dengan analisis. Dari data uji coba dan evaluasi dapat disimpilkan bahwa brand identity sudah sesuai dengan kebutuhan karena telah diterapkan secara konsisten dan jelas sehingga memudahkan target market untuk mengenali dan mengingat La Luna, informasi pada brand manual book dapat dipahami dengan jelas dan informasi pada media promosi juga tersampaikan.
Downloads
References
Carter, D. 2007. Global Corporate Identity 3. New York: HarperCollins.
David E. Carter, Designing Corporate Identity Programs for Small Corporation, Art Direstion Book Company, New York, 1985.
Ekonomi Nusa Tenggara Barat Triwulan II-2016 Tumbuh 9,92 Persen. [ONLINE] Available at : http://ntb.bps.go.id/Brs/view/id/271. [Accessed 18 November 2016].
Indeks Pembangunan Manusia Metode Baru Kota Mataram 2011-2015. [ONLINE] Available at : https://mataramkota.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/113. [Accessed 18 November 2016].
Informasi Ketenagakerjaan Umum Kota Mataram. [ONLINE] Available at : http://disnakertrans.ntbprov.go.id/naker/kota-mataram/#. [Accessed 18 November 2016].
Jumlah Penduduk Kota Mataram Perkelompok Umur Tahun 2014. [ONLINE] Available at : https://mataramkota.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/32. [Accessed 18 November 2016].
Kotler, Philip. 2005. Manajamen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Kolter, Philip, Gary Armstrong, 2009. Priciples of marketing, Pearon/Prentice
Kotler, P. & Pfoertsch, W. 2006. B2B Brand Management. Berlin: Springer.
Kotler, P. Dan Keller, K.L. (2012) Marketing Management. (fourteenth Edition).New Jersey: Pearson Education Inc.
Melewar, T. 2008. Facets of Corporate Identity: Communication and Reputation. New York: Routledge
Rivers, C. 2010. Logo Art: Innovation in Logo Design. London: RotoVision SA.
Rustan, Surianto. (2009). Mendesain Logo. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Rustan, S. 2009. Mendesain Logo . 1st ed. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Saren, M. 2012. Marketing Grafitti. Burlington Massachusetts: Butterworth- Heinneman.
Van Gelder S (2008) An Introduction to City Branding. Amsterdam: Placebrands Limited
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.