PERANCANGAN BRAND IDENTITY COTTON CO MALANG
Abstract
Dengan melihat peluang yang ada, bisnis cafe masih merupakan bisnis yang menjanjikan. Karena semakin menjamurnya cafe yang ada di Malang, sehingga sebuah cafe membutuhkan brand identity. Tidak terkecuali Cotton Co sebagai cafe yang akan turut serta meramaikan bisnis cafe yang ada di Malang. Dengan adanya brand identity sehingga target market dapat lebih muda untuk mengenali cafe tersebut. Target market dari Cotton Co Cafe adalah masyarakat mulai dari kalangan menengah terutama kalangan muda seperti anak SMA, mahasiswa, bahkan pekerja dan tidak terbatasi oleh usia dan jenis kelamin. Untuk tahap pembuatan brand identity ini melalui beberapa tahap yaitu menganalisis data cafe dan menganalisis kompetitor. Kemudian hasil dari analisis inilah yang menjadi bahan pertimbangan dan acuan yang kemudian diolah menjadi strategi desain yang konsisten serta menjadi sebuah konsep yang berbeda dari kompetitor.Setelah didapatkan data hasil dan analisis dari uji coba, lalu ditarik kesimpulan bahwa brand identity mudah diingat dan melekat kuat di ingatan para target market, menu dapat menarik minat konsumen, panduan brand manual book dapat dipahami dengan jelas dan informasi yang tertera pada website pun dapat tersalurkan dengan baik.
Downloads
References
Badan Pusat Statistik (BPS). 2017. Istilah. [ONLINE] Available at: https://www.bps.go.id/istilah/index.html?Istilah_page=4 . [Accessed 22 Januari 2018]
Carter, David E. 1985. Designing Corporate Identity Programs for Small Corporation. New York : Art Direstion Book Company.
Davis, M. 2009. The Fundamentals of Branding. 1st ed. Lausanne: AVA Publishing SA.
Durianto, D., Sugiarto., dan Budiman, L. J., 2004., Brand Equity Ten: Stategi memimpin Pasar. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Gelder, S.V. 2005. Global brand strategy. London: Kogan Page.
Grohmann, Bianca. 2009. “Gender Dimensions of Brand Personality,” Journal of Marketing Research, 46. Pp 105–119.
Keller, K. L. 2008. Strategic Brand Management: Building, Measuring and Managing Brand Equity. 3rd ed. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
Kotler, P. & Armstrong, G. 2012. Principles of Marketing. New Jersey: Pearson. Kotler. P. & Keller. K. 2009. Manjajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13 Jakarta: Erlangga.
Kotler. P. & Keller. K. 2012. Marketing Management 13. New Jersey: Pearson. Kotler, P. & Pfoertsch, W. 2006. B2B Brand Management. Berlin: Springer.
Kusrianto, Adi. 2009. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: ANDI.
Louis, D, and Lombart, C. (2010). “Impact of brand personality on three major consequences (trust, attachment, and commitment to the brand)”, Journal of Product and Brand Management. Vol. 19 No. 2, pp 114-130.
Rivers, C. 2010. Logo Art: Innovation in Logo Design. London: RotoVision SA. Rustan, S. 2009. Mendesain Logo . 1st ed. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rust, et al., 2004. Customer-Centered Brand Management. Harvard Business Review, 20 Oktober. 3.
Saren, M. 2012. Marketing Grafitti. Burlington Massachusetts: Butterworth- Heinneman.
Suyanto, M. 2004. Strategi Periklanan Pada E-Commerce Perusahaan Top Dunia. Yogyakarta: Penerbit & Percetakan ANDI.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta : ANDI.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.