STUDI DESKRIPTIF PENERAPAN SERVICESCAPE PADA DREAM OF KAHYANGAN ART RESTO

  • Dwi Rahayu Candrawati Manajemen / Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 356 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 150 times
Keywords: Servicescape, Deskripsi, Persepsi.

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena pada jaman globalisasi ini persaingan dalam indistri restoran semakin ketat. Cita rasa dan harga bukanlah lagi penentu utama dari suksesnya usaha restoran, sehingga dibutuhkan diferensiasi untuk dapat bertahan. Salah satu diferensiasinya yang mempunyai pengaruh cukup besar pada restoran saat ini adalah servicescape pada restoran tersebut. Dream of Kahyangan Art Resto adalah salah satu restoran yang memakai konsep servicescape sebagai deferensiasinya dimana tema yang diangkat adalah pembauran budaya Jawa dan Cina. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi konsumen terhadap servicescape pada Dream of Kahyangan Art Resto. Servicescape diukur melalui physical dimension, social dimension, socially-symbolic dimension, dan natural dimension. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Pengolahan data menggunakan mean, standar deviasi, dan koefisien varian. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa servicescpe di Dream of Kahyangan Art Resto mendapatkan penilaian baik, dengan demikian hasil penelitian mendukung konsep teori tentang servicescape

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cockril, A., Goode, M., and Emberson, D., 2008, Servicescape Matters – or does it? : The Special Case of Betting Shops, Journal of Marketing Inteligence & Planning Vol. 26 No.2, Emerald Group Publishing Limited.

Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane, 2012, Marketing Management: Global Edition, Fourteenth Edition, Pearson Education Limited, Prentice Hall, United States of America.

Kotler, Philip and Amstrong, Gary, 2012, Principles of Marketing: Global Edition, Fourteenth Edition, Pearson Education Limited, Prentice Hall, United States of America.

Lovelock, C., Wirtz J., Keh H.T., and Lu X., 2005, Service Marketing In Asia, Second Edition, Prentice Hall.

Marsum, W.A., 2000, Restoran dan Segala Permasalahannya, Edisi Ketiga, Cetakan Kesatu, Yogyakarta, PT. ANDI.

Rosenbaum, Mark S and Masiah, Carolyn. (2011). An Expanded Sevicescape Perspective. Journal of Service Management Vol. 22 No. 4, Emerald Group Publishing Limited.

Solihati, D., Aris, R., dan Risvan, 2011, Semaraknya Bisnis Kuliner, Majalah SWA, edisi XXV11 : 8-9 September.

Schiffman, Leon G., Kanuk L.L., 2010, Consumer Behavior: Global Edition, Tenth Edition, Pearson Prentice Hall.

Sujatno, A. Bambang., 2011, HOSPITALITY: Secret Skill, Atittude, and Performances for Restaurant Manager, edisi pertama, Penerbit ANDI Yogyakarta.

Yuksel, Atila and Yuksel, Fisun. (2002). Measurement of Tourist Satisfaction With Restaurant Services: A Segment-Based Approach, Journal of Vacation Marketing Vol. 9 No. 1, Henry Stewart Publications.

Zeithaml, Valarie A., Bitner M.J., Gremler Dwayne D., 2004, Services Marketing: Integrating Customer Focus Across The Firm, Fifth Edition, McGrow Hill International.

Bisnis dan Potensinya, 2012, Pentingnya Menawarkan Beragam Inovasi Dalam Usaha Kuliner, diunduh Oktober Oktober 2012, dari http://www.hummingbirdjewellers.com/2012/11/pentingnya-menawarkan-beragam-inovasi-dalam-usaha-kuliner/.

Carapedia, 2012, Pengertian dan Definisi Karyawan, diunduh Oktober 2012, dari http://carapedia.com/pengertian_definisi_karyawan_ info2145.html

Firmansyah, Hilman, 2010, SEBARAN WILAYAH USAHA : Peluang Usaha Rumah Makan/Restoran, diunduh Mei 2012, dari http://binaukm.com/2010/05/sebaran-wilayah-usaha-peluang-usaha-rumah-makan-restoran/.

Firmansyah, Hilman, 2010, Definisi Rumah Makan dan Restoran : Pelaung Usaha Rumah Makan, diunduh Mei 2012, dari http://binaukm.com/2010/05/definisi-rumah-makan-dan-restoran-pelaung-usaha-rumah-makan/.

Heiskala, Mikko, 2007, What is a Service?, diunduh Oktober 2012, dari http://ebookbrowse.com/t-86-5300-what-is-a-service-heiskala-12032007- part-i-pdf-d108426494.

Kikiainulpemasaran, 2012, Pemasaran Jasa, diunduh Oktober 2012, dari http://kikiainulpemasaran.wordpress.com/2012/12/18/pemasaran-jasa/.

Koran, Jakarta, 2011, Industri Makanan Makin Berkibar, diunduh Agustus 2012, dari http://koran-jakarta.com/index.php/detail/view01 /75353.

Kulinologi, Indonesia, 2011, Jamuan khas Kafe Betawi, diunduh Desember 2012, dari http://kulinologi.biz/index1.php?view&id=918.

Nusantara, Bina, Universitas, 2012, BAB 2 LANDASAN TEORI, diunduh Oktober 2012, dari http://library.binus.ac.id/eColls/eThesis/Bab2/ 2012-1-00389-mc%202.pdf.

Nusantara, Bina, Universitas, 2012, BAB II KERANGKA TEORITIS, diunduh Oktober 2012, dari http://repository.upi.edu/operator/upload/s_l0351_0608187_chapter2.pdf.

Pendidikan, Indonesia, Universitas, 2012, BAB II Kajian Pustaka, diunduh Oktober 2012, dari http://repository.upi.edu/operator/upload/s_psi_0703880_chapter2.pdf.

Petra, Kristen, Universitas, 2009, Pendahuluan, diunduh Oktober 2012, dari http://digilib.petra.ac.id/viewer.php?submit.x=25&submit.y=15&page=2&qual=high&submitval=prev&fname=%2Fjiunkpe%2Fs1%2Fhotl%2F2009%2Fjiunkpe-ns-s1-2009-33404076-12124-kahyangan- chapter1.pdf.

Puryadi, Awan, 2011, Kuliner dan Hasil Panen, diunduh Mei 2012, dari http://lifestyle.kompasiana.com/urban/2011/03/22/kuliner-dan-hasil-panen/.

Rahayu, Ginintasasi, 2012, INTERAKSI SOSIAL, diunduh Oktober 2012, dari http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PSIKOLOGI/195009011981032- RAHAYU_GININTASASI/INTERAKSI_SOSIAL.pdf.

Suprapto, H., Rini, E.S., 2009, Orang Surabaya dan Medan Jarang Sarapan, diunduh Oktober 2012, dari http://fokus.news.viva.co.id/news/read/46344orangsurabayadan_medan_jarang sarapan.

Traveler, East Java, 2009, Refleksi Dua Budaya di Dream of Kahyangan, diunduh Oktober 2012, dari http://www.eastjavatraveler.com/ refleksi-dua- budaya-di-dream-of-kahyangan/.

Viva, News, 2009, Pilih Restoran, Konsumen Tak Persoalkan Harga, diunduh Agustus 2012, dari http://bisnis.news.viva.co.id/news/read/46322pilih restoran_konsumen_tak_persoalkan harga.

Wulansari, Eka, 2007, Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum, diunduh Oktober 2012, dari http://www.scribd.com/doc/55710749/14/Pengertian-Pelanggan.
Published
2013-03-01