PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN KLINIK KECANTIKAN PROFIRA DI SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh service quality terhadap customer satisfaction di Klinik Kecantikan Profira di Surabaya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Responden dari penelitian ini adalah 100 pelanggan klinik kecantikan Profira di Surabaya yang sudah menjadi anggota yang maksimal mengunjungi klinik kecantikan Profira 2 kali dalam 3 bulan terakhir dan memiliki pendidikan terakhir SMA dengan teknik pengambilan sampel non probability sampling. Metode pengolahan data yang digunakan adalah model regresi linier berganda, koefisien determinasi dan uji t-values dengan program windows SPSS 18.0. Dari hasil pengolahan data dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat variabel yang memiliki dampak signifikan terhadap variabel customer satisfaction yakni Kualitas Layanan di Klinik Kecantikan Profira di Surabaya .Dimana besar nilai pengaruh service quality terhadap kepuasan pelanggan sebesar 0,741. Berdasarkan hasil koefisien determinasi besarnya variasi variabel kualitas layanan mampu menjelaskan variasi variabel kepuasan pelanggan sebesar 54,9%, sedangkan 45,1% dijelaskan variabel-variabel atau faktor lain di luar model yang tidak teramati
Downloads
References
Dutka, Alan, 1994, Ama Handbook for Customer Satisfaction : A Complete Guide to Research Planning and Implementation, NTC Business Book, Lincolnwood, Iilinois.
Ghozali, Imam, 2001. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Heryanto, November 2011, Effect Of Service Quality On Customer Satisfaction With Bank Nagari Main Branch Padang, International Journal of Business and Management Tomorrow, Vol 1, No. 2
Kotler, Philip, 2008, Marketing Management, International Edition, Ninth Edition, Pearson Education Inc., Prentice Hall, Northwestern University, New Jersey.
Kotler, P., Kevin L., Keller, 2009, Marketing Management, Third Edition, Pearson International Edition.
Kotler, Philip, and Gary Armstrong, 2009 , Principles of Marketing, Prentice Hall International Inc., Engelwood Cliffs, New Jersey, Ninth Edition.
Munusamy, Chelliah and Mun, October 2010, Service Quality Delivery and Its Impact on Customer Satisfaction in the Banking Sector in Malaysia, International Journal of Innovation, Management and Technology, Vol. 1, No. 4.
Santoso, Singgih, 2012, Aplikasi SPSS pada Statistik Multivariat, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.
Sumarwan, Ujang, 2012, Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran, Ghalia Indonesia, Bogor.
Tjiptono dan Candra, 2005, Service Quality and Satisfaction. Edisi 2. Andi, Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy, 2008, Service Quality and Satisfaction, Andi, Yogyakarta dan Pemasaran Jasa, Bayu Media, Malang.
www.antarajatim.com/lihat/berita/67118/persaingan-bisnis-klinik-kecantikan-nasional-ketat. yang diunduh tanggal 20 November 2012
www.beritasurabaya.net yang diunduh tanggal 20 November 2012
www.neraca.co.id yang di unduh tanggal 21 November 2012
www.Profira.ac.id yang di unduh tanggal 21 November 2012
www.swa.com/2010/03 yang di unduh tanggal 21 November 2012
www.transsurabaya.com/2011/12/profira-aesthetic-and-aging-clinic yang diunduh tanggal 20 November 2012
www.vibizmanagement.com/journal/index/category/services_283/65 yang diunduh tanggal 20 November 2012
Majalah Marketing 05/X/Mei/2010
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.