HUBUNGAN ANTARA PHYSICAL APPEARANCE DAN SELF-COMPASSION DENGAN BODY IMAGE SEBAGAI MEDIATOR PADA REMAJA PEREMPUAN

  • Sharfina Amajida Qidwati Fakultas Psikologi / Universitas Surabaya
Abstract Views: 1502 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 1238 times
Keywords: Physical Appearance Comparison (PAC), Self-compassion, Body Image sebagai mediator

Abstract

INTISARI Self-compassion merupakan rasa menyayangi diri sendiri dan keinginan untuk memperlakukan diri sendiri dengan baik walaupun memiliki kekurangan. Apabila remaja perempuan memiliki self-compassion yang tinggi maka remaja perempuan akan lebih mudah merasa puas dengan keadaan fisiknya. Beberapa remaja perempuan yang tidak puas dengan keadaan fisiknya cenderung khawatir, sehingga seringkali melakukan evaluasi. Melalui perilaku membandingkan tersebut remaja perempuan dapat melihat dan menentukan standar penampilan fisik yang dimiliki, sehingga remaja perempuan akan memiliki gambaran tubuh atau body image yang baru. Perilaku tersebut dikenal sebagai physical appearance comparison. Physical appearance comparison dapat memunculkan body image negatif. Penelitian ini bertujuan untuk melihat body image dapat berperan sebagai mediator pada hubungan antara physical appearance comparison dengan self-compassion pada remaja perempuan. Subjek dalam penelitian ini adalah remaja perempuan dengan rentang usia 15-18 tahun sebanyak 100 subjek. Alat ukur yang digunakan ialah Physical Appearance Comparison Scale-Revised (PACS-R). Self-compassion Scale, dan Multidimensional Body Self Relation Questionnaire Scale (MBSRQ-AS). Teknis analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi ganda untuk melihat bagaimana hubungan ketiga variabel dengan body image sebagai variabel mediator. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional dengan cara penyebaran kuisioner secara klasikal. Hasil dari pengujian statistik diperoleh nilai pengaruh langsung -0,375 lebih besar dari nilai pengaruh tidak langsung, body image tidak berfungsi sebagai mediator. Temuan lainnya adalah physical appearance comparison memiliki hubungan signifikan dengan selfcompassion (p (0,000)<0,05). Semakin rendah physical appearance comparison pada remaja perempuan, semakin tinggi self-compassion yang dimiliki. Physical appearance comparison memiliki hubungan signifikan dengan body image (p (0,000)<0,05). Hasil temuan ini tidak mendukung hipotesis adanya hubungan antara physical appearance comparison, self-compassion, dan body image sebagai mediator.

Kata Kunci: Physical Appearance Comparison (PAC), Self-compassion, Body Image sebagai mediator.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbasi, A. &. (2015). Body Image, Self-Compassion, and Psychological Well-Being among University Students. Pakistan Journal of Social and Clinical Psychology, 41-
47.

Anson, M. V. (2015). Appearance Comparison in individuals with body dysmorphic disorder and controls. Body Image, 132-140.

Azwar, S. (2015). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Batubara, J. R. (2010). Adolescent Development (Perkembangan Remaja). Sari Pediatri, 21-29.

Cash, T. F. (2000). The Multidimensional Body-Self Relations Questionnaire. MBSRQ USERS MANUAL, 1-12.

Cash, T. F. (2003). Body Image: Past, Present, anda Future. 1-5.

Devaraj, S., & Lewis, V. (2010). Enhancing Positive Body Image in Women: An Evaluation of a Group Intervention Program. Journal of Applied Biobehavioral Research, 103-116.

Dieny, F. F. (2007). Hubungan Body Image, Aktivitas Fisik, Asupan Energi, dan Protein dengan Status Gizi pada Siswi SMA. Skripsi, 1-22. Fakultas Psikologi. Universitas Diponegoro: Semarang.

Duarte, C., Ferreira, C., Trindade, I. A., & Pinto-Gouveia, J. (2015). Body Image and College Women's Quality of Life: The Importance of being Self-compassionate. Journal of Health Psychology, 754-764.

Fitria, I. A. (2014). Konsep Diri Remaja Putri dalam Menghadapi Menarche. Skripsi, 1-18. Fakultas Psikologi. UIN Sunan Ampel: Surabaya.

Germer, C. K., & Neff, K. D. (2013). Self-compassion in Clinical Practice. Journal of Clinical Psychology: in session, 856-867.

Grogan, S. (2017). Body Image: Understanding body dissatisfaction in men, women, and children. New York: Routledge.

Guimond, S. (2006). Social Comparison and Social Psychology. New York: Cambridge University Press.

Halim, R. A. (2015). Pengaruh SelfCompassion terhadap Subjective Well-Being pada Mahasiswa Asal Luar Jawa Tahun Pertama Universitas Negeri Semarang. Skripsi, 1-108. Fakultas Psikologi. Universitas Negeri Semarang: Semarang.

Helverson, N. (2013). The Relation Between Self-Compassion, Body Image, and Mood: How do Women Internalize Weight-Related Feedback? PCOM Psychology Dissertations, 272.

Lin, L. &. (2016). Appearance Comparisons Styles and Eating Disordered Symptoms in Women. Eating Behaviors. Emmanuel College: United States.

Nahdiyah, I. (2015). Hubungan Antara Body Image dengan Kepuasan Hidup pada Remaja yang Mengalami Obesitas di Komunitas Kagumi (Ikatan Wanita Gemuk Indonesia). Skripsi, 1-18. Fakultas Psikologi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim: Malang.

Neagu, A. (2015). Body Image: A Theoretical Framework. Anthropology, 29-38.

Neff, K. D. (2012). The Sience of Self-Compassion. In. C. Germer & Siegel (Eds.), Compassion and Wisdom in Psychology. E-Journal, 79-92.

Nurvita, V., & Handayani, M. M. (2015). Hubungan Antara Self-esteem dengan Body Image Pada Remaja Awal yang Mengalami Obesitas. Jurnal Psikologi Klinis dan
Kesehatan Mental, 41-49.

Ridha, M. (2012). Hubungan Antara Body Image dan Penerimaan Diri pada Mahasiswa Aceh di Yogyakarta. EMPATHY. Skripsi, 111-121. Fakultas Psikologi. Universitas Ahmad Dahlan: Yogyakarta.

Santrock, J. W. (2012). Life-Span Development (Perkembangan Masa Hidup). Penerbit Erlangga.

Schaefer, L. M. (2014). The Development and Validation of The Physical Appearance Comparison Scale-Revised (PACS-R). Development of Psychology, 209-217.

Ulfa, K. (2015). Hubungan Selfcompassion dengan Subjective Well-Being pada Mahasiswa Universitas Sumatera Utara. Skripsi, 1-14. Fakultas Psikologi. Universitas Sumatera Utara: Sumatera Utara.

Wood, J. V. (1989). Theory and Research Concerning Social Comparisons of Personal Attributes. Psychological Bulletin, 231-248.
Published
2019-09-01