STUDI DESKRIPTIF TENTANG PERBEDAAN BEHAVIORAL INTENTION KONSUMEN SIMCARD GSM KARTU PRABAYAR MEREK XL ATAU IM3 BERDASARKAN PENDEKATAN FISBEIN’S BEHAVIORAL INTENTION MODEL DI SURABAYA

  • Ronny Juwana Manajemen / Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 132 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 128 times
Keywords: Sikap, norma subyektif, behavioral intention, XL, IM3

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perbedaan behavioral intention konsumen simcard GSM kartu prabayar merek XL atau IM3 di Surabaya. Selain itu juga untuk mencermati konsekuensi dari atribut-atribut yang ada pada produk simcard GSM kartu prabayar merek XL atau IM3 serta pandangan kelompok acuan yang menyarankan untuk membeli dan tetap menggunakan kembali produk simcard GSM kartu prabayar merek XL atau IM3. Data Penelitian ini menguji perbedaan behavioral intention konsumen simcard GSM kartu prabayar merek XL atau IM3 di Surabaya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif konklusif dengan metode pengambilan sampel non probability sampling dengan jenis convenience sampling. Variabel yang digunakan adalah variabel sikap dan variabel norma subyektif. Pengujian ini dilakukan dengan membagi sampel menjadi dua kelompok, yaitu kelompok yang membeli dan tetap menggunakan kembali simcard GSM kartu prabayar merek XL dan kelompok yang membeli dan tetap menggunakan kembali simcard GSM kartu prabayar merek IM3. Pengolahan data yang digunakan adalah melalui pendekatan Fisbein’s Behavioral Intention Model. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 200 responden. Dari hasil penelitian ini dapat dibuktikan bahwa ada perbedaan behavioral intention konsumen simcard GSM kartu prabayar merek XL atau IM3 di Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajzen, I., 1991, The Theory of Planned Behavior, Organizational Behavior and Human Decision Processes, Vol. 50: 179-211.


Albari, dan Liriswati, A., 2004, Analisis Minat Beli Konsumen Sabun Cair Lux, Biore dan Lifebuoy di Kotamadya Yogyakarta ditinjau Dari Pengaruh Sikapnya Setelah Melihat Iklan di Televisi dan Norma Subyektif, Jurnal Siasat Bisnis, Vol. 2: 215-224.


Armitage, C.J., 2005, Can the Theory of Planned Behavior Predict the Maintenance of Physical Activity, Health Psychology, Vol. 24: 235-245.


Azwar, S., 1995, Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya, Edisi Kedua, Pustaka Pelajar. Badan Pusat Statistik, 2012, Data Sosial Ekonomi, BPS. Badan Pusat Statistik, 2011, Statistik Telekomunikasi Indonesia, BPS.


Schiffman, L.G., dan Kanuk, L.L., 2007, Consumer Behavior, 9th Edition, Upper Saddle River: Pearson Education.


Fishbein, M., dan Ajzen, I., 1975, Belief, Attitude, Intention, and Behavior: An Introduction to Theory and Research, Addison-Wesley.


Fu, H., 2009, Elucidating Smoking Behavior in Developed and Developing Countries, African Journal of Business Management, Vol. 3: 685-694.


Karnawati, T.N., dan Prabowo, H., 2012, Sikap Konsumen Terhadap Citra Toko Distro Inspired di Kota Malang, Jurnal Manajemen dan Akuntasi, Vol. 1: 69-84.


Peter, J.P., dan Olson J.C., 1999, Consumer Behavior and Marketing Strategy, 5th Edition, Mc Graw Hill.


Peter, J.P., dan Olson J.C., 2008, Consumer Behavior and Marketing Strategy, 8th Edition, Mc Graw Hill.


Santoso, A., dan Indarini, 2010, Studi Deskriptif Tentang Perbedaan Behavioral Intention Antara Produk Minuman Pocari Sweat dan Mizone di Surabaya: Pendekatan Fisbein’s Behavioral Intention Model. Tidak Dipublikasikan.
Published
2013-03-01