PEMBUATAN APLIKASI UNTUK KOMUNITAS MINI4WD


Abstract
Saat ini, komunitas-komunitas Mini4WD di Indonesia masihtetap aktif mengadakan lomba balap. Para pemain Mini4WD saat ini menggunakanmedia sosial untuk berinteraksi. Media sosial yang saat ini digunakan olehkomunitas Mini4WD adalah facebook. Dari hasil analisis diketahui facebook belummemenuhi kebutuhan. Kebutuhan tersebut adalah event, jual beli yangmenyediakan kategori sparepart Mini4WD, dan grup sebagai wadah komunitasyang dapat memberikan informasi lokasi yang detail. Maka dari itu, dibuat sebuahmedia sosial yang menyediakan kebutuhan pemain Mini4WD. Pengguna dapatmelihat lokasi grup komunitas dalam tampilan peta, pengguna dapat mencari grupyang terdekat. Selain itu, pengguna dapat melihat semua event lomba yangdiadakan oleh pengguna lainnya. Pada halaman jual-beli pengguna dapat melihatbarang yang dijual oleh pengguna lain dalam kategori khusus Mini4WD. Desaindata menggunakan Entity Relationship Diagram (ERD). Desain prosesmenggunakan flowchart. Aplikasi dibuat dengan menggunakan phonegap danmenggunakan framework 7. Uji coba dilakukan dengan verifikasi dan validasi.Verifikasi dilakukan dengan cara mencoba semua fitur danproses yang ada padaaplikasi dan memastikan fitur dan proses yang telah dibuat bebas dari error dansesuai dengan tujuan pembuatan sistem. Validasi dilakukan dengan caramemberikan kesempatan kepada pengguna untuk mencoba aplikasi yang telahdibuat dan setelah itu diberikan angket pertanyaan seputar aplikasi. Dari pembuatanTugas Akhir yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa sistem dapatmembantu pemain Mini4WD untuk mencari grup, event, dan jual beli. Dari hasilkuisioner didapatkan saran untuk pengembangan sistem selanjutnya yaitu untukmenambahkan bentuk dari track, dan memperbaiki bentuk tampilan dari aplikasi.
Downloads
References
Gamble, Teri dan Michael. 2002. Communication Works, 7th Edition. Boston : McGraw-Hill College
Haryandi, S. 2016. Mengenal Restful API. Diambil dari:https://developers.kudo.co.id/2016/09/15/mengenal-restful-api/. (30 Juli 2017)
Hixie, I. 2004. Extending HTML. Diambil dari:http://ln.hixie.ch/?start=1089635050&count=1. (08 September 2017)
Kaplan, A.M., Haenlein, M. 2010. Users of the world, unite! The challenges andopportunities of social media. Business Horizons. Vol. 53:59-68.
Romli Asep. 2015. Media Sosial: Pengertian Karakteristik, dan Jenis. Dirujuk pada 05September 2017, dari http://www.romelteamedia.com/2014/04/media-sosial-pengertian-karakteristik.html
Rustian Rafi. 2012. Apa itu Sosial Media. Dirujuk pada 05 September 2017, darihttp://www.unpas.ac.id/apa-itu-sosial-media/
Saputra Rizky. 2015. Apa Pengertian Mock Up?. Dirujuk pada 06 Agustus 2017, darihttp://www.primecybr.com/2015/11/apa-pengertian-mockup.html
Soraya Rani. 2015. Sejarah dan Perkembangan Tamiya. Dirujuk pada 15 Februari 2017,dari http://www.harianindo.com/2015/08/14/44814/sejarah-dan-perkembangan-tamiya/
Wardana. 2010. Menjadi Master PHP dengan Framework CodeIgniter. Jakarta : ElexMedia Komputindo
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.