ANALISIS PERILAKU PENGGUNA KART KREDIT BANK SYARIAH
Abstract
Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar masyarakat mengetahui tentang adanya produk kartu kredit syariah yang ada di bank syariah serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat sehingga menggunakan kartu kredit syariah. Penelitian ini menggunakan data primer. Data primer didapatkan dari wawancara langsung dengan nasabah yang memakai kartu kredit bank syariah. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan kualitatif dan metode triangulasi data. Hasil analisis dari 6 responden menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang mendominadari perilaku pengguna kartu kredit syariah. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan minat masyarakat dalam memilih produk-produk bank syariah agar mampu bersaing dengan produk-produk bank konvensional kedepannya.
Kata Kunci: Kartu kredit syariah, perilaku konsumen, bank syariah
Abstract - This study aims to find out how much information about credit cards in Islamic banks and know the factors that affect the community using a credit card sharia. This study uses primary data collection. Primary data from direct interview with sharia bank credit card. This study use qualitative approach and triangulation data method. Of The results of the interviews of the six respondents indicates that there is a huge influence on the behavior users of sharia credit cards. This study was intended to raise the customers interests of Islamic bank’s products, so the Islamic banks can compete with the conventional banks in the future.
Keywords: credit card sharia, consumer behavior, Islamic bank
Downloads
References
Bank Indonesia. “Jumlah APMK Beredar”. Diambil dari www.bi.go.id. (diakses pada: 30 Oktober 2016)
Swistani, Dea 2017. Analisis Perilaku Nasabah Dalam Memilih Produk Bertemakan Arsenal di Bank Muamalat. Surabaya Fatwa Dewan Syariah Nasional Nomor 54/DSN-MUI/IV/2000 tentang syariah card
Hermansyah. 2007, “ Hukum Perbankan Nasional Indonesia ” Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Karimunddin Amir. 2014, “ Kartu Kredit Syariah vs Konvensional ”
Kotler, P. 2008. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks
Kotler, P., dan Keller K.L. 2008. Perilaku Konsumen, Edisi 12, Jakarta: Indeks
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya
Prayogo S., dan Djoko P. 1991 Surat Berharga Alat Pembayaran dalam Masyarakat Modern, Jakarta : Rineka Cipta
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan, Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan, Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
2007, “Undang-Undang No. 7” Perbankan syariah : Bank Indonesia., Banjarmasin
2008, “Undang-Undang No. 21” Perbankan Syariah (Ed.) : Bank Indonesia., Banjarmasin.
1998, “Undang-Undang Perbankan no. 10. ”Indonesia : Bank Indonesia., Banjarmasin.
Wiroso. 2009. Produk Perbankan Syariah, Jakarta : LPFE Usakti
Zeithaml dan Bitner. 2000. Service Marketing, McGraw Hill Inc, International Edition, New York
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.