PENGARUH PERSEPSI KEYAKINAN DAN BAGI HASIL TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH ( STUDI KASUS : MAHASISWA DI SURABAYA )

  • Sari Angriani Jurusan Ilmu Ekonomi / Universitas Surabaya
Abstract Views: 305 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 409 times
Keywords: Islamic Bangking, Perception belief, Perception Profit Sharing, Interest in Saving at Islamic bank

Abstract

Abstrak - Bank Syariah merupakan lembaga perbankan yang dijalankan dengan prinsip syariah.Dalam setiap aktivitas usahanya, bank syariah selalu menggunakan hukum-hukum islam yang tercantum di dalam Al-Qur’an dan Hadist. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi keyakinan, dan persepsi bagi hasil terhadap minat menabung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Surabaya yang menabung di Bank syariah. Uji coba instrumen, uji asumsi klasik, dan uji analisis data dalam penelitian ini menggunakan SPSS. Dari hasil penelitian diketahui bahwa persepsi keyakinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung, dan persepsi bagi hasil berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung.

Kata Kunci: Bank Syariah, Persepsi Keyakinan, Persepsi Bagi Hasil, Minat Menabung di Bank Syariah

Abstract - Islamic Bangking is a banking institution that runs with the principles of syariah.In every business activity, Islamic banks always use the laws of Islam listed in the Qur'an and Hadith. This study aims to determine the influence of perceptions of beliefs, and profit sharing perceptions of interest in saving. This research is a quantitative descriptive research with survey method. The population in this study are Surabaya students who are saving in Bank Syariah. Instrument test, classical assumption test, and data analysis test in this study using SPSS. From the results of the studyit is known that the perception of belief has a positive and significant effectto the interest of saving, and the perception of the results have a positive and significant impact on interest in saving.

Keywords: Islamic Bangking, Perception belief, Perception Profit Sharing, Interest in Saving at Islamic bank

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdallah, Muhammad.(2016). “Analisis Minat Menabung Pada Bank Syariah di Kalangan Siswa SMA di Kota Medan (Studi Kasus: Siswa Madrasah Aliyah Negeri”. Jurnal Ekonomi dan Keuangan. Vol.3 No.7.

Kriyantono, R.(2006). Teknis praktis riset komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mangani, Ktut Silvanita.(2009). Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Jakarta:Erlangga.

Rahmawaty, Anita.(2014). “Pengaruh Persepsi Tentang Bank Syariah Terhadap Minat Menggunakan Produk di BNI Syariah Semarang”. ADDIN. Vol. 8 No. 1, Februari 2014.

Rianto, Nur.(2011). Dasar – Dasar Pembelajaran Perusahaan Edisi 3. Jogjakarta.

Sugiyono.(2005). Metode Penelitian Administrasi.Bandung: Alfabeta Jakarta Integrita Press.

Sumber Mars indonesia 2011 kepemilikan rekening di bank syariah meningkat di unduh dari “http://www.marsindonesia.com/newsletter/kepemilikan-rekening-di-bank-syariah-meningkat. Pada 2 Februaripukul 02.00.

Wibowo, Ery R.(2008). “Faktor Relegiusitas dalam Perbankan Syari’ah”. Jurnal Ekonomi. Vol. 4 No.1 Semarang
Published
2019-09-01