PENGEMBANGAN METODE PERMAINAN DALAM PENGENALAN STANDAR KEPADA ANAK SMA DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS KANO DAN QFD
Abstract
Badan Standardisasi Nasional ingin mensosialisasikan standar kepada masyarakat. Banyak program sosialisasi standar yang sudah dilakukan termasuk mengenalkan standar kepada anak SMA. Universitas Surabaya sebagai salah satu Universitas yang juga berpartisipasi dalam mensosialisasikan standar ingin mencari tahu jenis permainan seperti apa yang dapat digunakan untuk mengenalkan standar secara lebih mudah kepada anak SMA. Setelah jenis permainan diketahui maka dilakukan penyebaran kuesioner kepada anak SMA untuk mencari variable-variabel yang menarik minat anak SMA dalam mempelajari standar melalui permainan tersebut. Variabel-variabel yang didapatkan dari kuesioner dianalisis dengan menggunakan metode Kano dan diklasifikasikan ke dalam tiga kategori klasifikasi Kano yaitu Attractive, One dimensional dan Must be. Dari hasil kuesioner tersebut maka didapatkan variabel yang masuk dalam klasifikasi Kano, dan langkah berikutnya adalah membuat analisis kuadran dan kemudian dilanjutkan dengan melakukan perbaikan menggunakan metode Quality Function Deployment.
Downloads
References
Walden, D, 1993, Kano’s Model for Understanding Customer-defined Quality. Center for Quality of Management Journal, Vol. 2, No.4, Halaman 2-28.
Azwar, Saifuddin, 2004, Reliabilitas dan Validitas, Pustaka Pelajar : Yogyakarta.
Lou Cohen, Quality Function Deployment : How to Make QFD Work for You, Addison-Wesley, Massachusetts, 1995.
Singgih, D dan Y, Singgih, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Edisi 13, PT. BPK Gunung Mulia, Jakarta, 2008
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.