PENGEMBANGAN METODE PERMAINAN DALAM PENGENALAN STANDAR KEPADA ANAK SMA DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS KANO DAN QFD

  • Stevani Gunawan Sutjipto Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 140 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 128 times
Keywords: Standardisasi, Kano, Quality Function Deployment, Evaluasi Desain

Abstract

Badan Standardisasi Nasional ingin mensosialisasikan standar kepada masyarakat. Banyak program sosialisasi standar yang sudah dilakukan termasuk mengenalkan standar kepada anak SMA. Universitas Surabaya sebagai salah satu Universitas yang juga berpartisipasi dalam mensosialisasikan standar ingin mencari tahu jenis permainan seperti apa yang dapat digunakan untuk mengenalkan standar secara lebih mudah kepada anak SMA. Setelah jenis permainan diketahui maka dilakukan penyebaran kuesioner kepada anak SMA untuk mencari variable-variabel yang menarik minat anak SMA dalam mempelajari standar melalui permainan tersebut. Variabel-variabel yang didapatkan dari kuesioner dianalisis dengan menggunakan metode Kano dan diklasifikasikan ke dalam tiga kategori klasifikasi Kano yaitu Attractive, One dimensional dan Must be. Dari hasil kuesioner tersebut maka didapatkan variabel yang masuk dalam klasifikasi Kano, dan langkah berikutnya adalah membuat analisis kuadran dan kemudian dilanjutkan dengan melakukan perbaikan menggunakan metode Quality Function Deployment.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gaspersz, V, Total Quality Management, Edisi 2, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2002.

Walden, D, 1993, Kano’s Model for Understanding Customer-defined Quality. Center for Quality of Management Journal, Vol. 2, No.4, Halaman 2-28.

Azwar, Saifuddin, 2004, Reliabilitas dan Validitas, Pustaka Pelajar : Yogyakarta.

Lou Cohen, Quality Function Deployment : How to Make QFD Work for You, Addison-Wesley, Massachusetts, 1995.

Singgih, D dan Y, Singgih, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Edisi 13, PT. BPK Gunung Mulia, Jakarta, 2008
Published
2013-03-01