FAKTOR YANG MEMBENTUK KEPUTUSAN MEMBELI PRODUK BLACKBERRY PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SURABAYA
Abstract
Produk BlackBerry merupakan smartphone yang sedang banyak digemari masyarakat Indonesia, tidak terkecuali mahasiswa Universitas Surabaya. Produk BlackBerry memiliki banyak kelebihan, seperti fasilitas BlackBerry Messenger (BBM) hingga fasilitas internet service tanpa batas. Namun, untuk mendapatkan fasilitas tersebut, konsumen harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk berlangganan paket BlackBerry. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan faktor-faktor yang membentuk keputusan membeli produk BlackBerry pada mahasiswa Universitas Surabaya. Subjek penelitian adalah 200 mahasiswa Universitas Surabaya yang berusia 19-22 tahun dan menggunakan produk BlackBerry. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dan data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tujuh faktor yang membentuk keputusan membeli produk BlackBerry pada mahasiswa Universitas Surabaya, yaitu: (1) status simbol; (2) keluarga; (3) kelompok referensi; (4) desain; (5) keuntungan; (6) kemudahan; dan (7) keunikan. Selain itu, faktor status simbol diketahui merupakan faktor dominan diantara ketujuh faktor tersebut. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah diharapkan ada penelitian yang lebih spesifik terkait dengan faktor-faktor yang membentuk keputusan membeli produk BlackBerry. Sementara untuk subjek penelitian, diharapkan pihak universitas mengingatkan atau memberikan informasi pada mahasiswa terkait dengan dampak perilaku konsumtif. Hal ini dikarenakan faktor status simbol cenderung mengarah pada perilaku konsumtif.
Downloads
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.