PERANAN KEPEMIMPINAN DAN SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN DALAM MENGATASI MASALAH PENGENDALIAN

  • Yennie Siauw Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 777 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 1761 times
Keywords: Sistem Pengendalian Manajemen, Gaya Kepemimpinan, Masalah Pengendalian.

Abstract

Di era globalisasi saat ini, keunggulan kompetitif tidak hanya dilihat dari tingkat efektivitas operasional melainkan juga kreativitas untuk dapat membaca peluang bisnis yang baru. Disini sumber daya manusia akan menjadi kunci utama yang menentukan kesuksesan suatu badan usaha. Pada kenyataannya bukan hal yang mudah untuk dapat mempersatukan berbagai macam sumber daya manusia kedalam satu tujuan bersama yang ingin dicapai badan usaha. Disinilah sistem pengendalian manajemen dibutuhkan. Sistem pengendalian manajemen dapat mengarahkan anggota badan usaha untuk bertindak sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dan dapat mengembangkan sumber daya manusia melalui bentuk pengendaliannya. Sistem pengendalian manajemen butuh didukung dengan kepemimpinan yang baik karena pemimpin akan menjadi kunci efektivitas dari pengendalian manajemen. Kedua hal ini saling berhubungan satu sama lain. Studi ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai peranan kepemimpinan dan sistem pengendalian manajemen dalam mengatasi masalah pengendalian dengan menggunakan pendekatan interpretive. Penelitian menggunakan objek badan usaha jasa di Surabaya dan meneliti kepemimpinan dari General Manager badan usaha tersebut. Penelitian ini menemukan bahwa kepemimpinan dan sistem pengendalian manajemen dapat membantu dalam menanamkan nilai-nilai badan usaha kedalam diri para karyawan sehingga dapat membentuk karakteristik karyawan. Hal ini dapat membantu dalam mengatasi masalah pengendalian yang menjadi penghambat tercapai tujuan badan usaha.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abernethy, M.A., Bouwens, J., dan Van Lent, L. 2010. Leadership and Control System Design. Management Accounting Research, Vol 21: 2-16

Efferin, Sujoko dan Hartono, M.S. 2012. Management Control and Leadership Styles in Family Business. Paper presented at the 3rd GAOC conference, 14-17 July 2012, Sunway University, Malaysia.

Efferin, Sujoko dan Soeherman, Bonnie. 2010. Seni Perang Sun Zi dan Sistem Pengendalian Manajemen : Filosofi dan Aplikasi. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Junardy, Y.W. 2008. Full Circle. Bandung : Mizan Pustaka.

Kimura, S., dan Mourdoukoutas, P. 2000. Effective Integration of Management Control Systems for Competing in Global Industries. European Business Review, Vol 12(1): 41-45.

Malmi, T., dan Brown, D.A. 2008. Management Control Systems as a Package-Opportunities, Challenges, and Research Directions. Management Accounting Research, Vol 19 : 287-300.

Mathis dan Jackson. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Salemba Empat.

Merchant, K.A., dan Van der Stede, W.A. 2003. Management Control Systems: Performance Measurement, Evaluation and Incentives. London, UK : Prentice Hall.

Muller, R., dan Turner, J.R. 2006. Matching The Project Manager’s Leadership Style to Project Type. International Journal of Project Management, Vol 25 : 21-32.

SWA. 2012. CEO Terbaik 2011: Mereka Yang Berakar Kuat dan Mengayomi. 5 Januari 2012, hlm. 44.

Timothy, O., Andy O., Victoria, A., dan Idowu, N. 2011. Effects of Leadership

Style on Organizational Performance: A Survey of Selected Small Scale Enterprises in Ikosi-Ketu Council Development Area of Lagos State, Nigeria. Australian Journal of Business and Management Research, Vol 1(7) : 100-111.

Yukl, G. 2010. Leadership in Organization, 7th ed. Uppers Saddle River, NJ : Prentice-Hall
Published
2017-09-20