PERAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP LINGKUNGAN PENGENDALIAN DALAM STRUKTUR DAN PELAKSANAAN STNDART OPERATING PROCEDURE (SOP) DI RUMAH SAKIT

  • Sara Hasianna Marbun Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 1358 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 1307 times
Keywords: Kepemimpinan, lingkungan pengendalian, standard operating procedures (SOP), keperawatan, rumah sakit, control system

Abstract

Abstrak - Rumah sakit pada masa kini merupakan industri jasa kesehatan utama. Besarnya potensi pengembangan rumah sakit di Indonesia dapat ditunjukkan dari masih tingginya tingkat kebutuhan akan jasa layanan kesehatan yang dapat diukur dari derajat kesehatan masyarakat. Akan tetapi, tingginya pertumbuhan rumah sakit dan tenaga medis di Indonesia belum diimbangi dengan layanan dan kualitas prima. Hal tersebut dapat disebabkan dari Standard Operating Procedures (SOP) rumah sakit yang tidak berjalan dengan tepat, baik dalam penyusunan SOP itu sendiri, ataupun dalam penerapan SOP tersebut. Standard Operating Procedures (SOP) merupakan suatu standar atau pedoman tertulis yang dipergunakan untuk mendorong dan menggerakkan suatu kelompok untuk mencapai tujuan organisasi. Supaya SOP dapat berjalan secara efektif, konsisten, standar, dan sistematis diperlukan sistem pengawasan dan pengendalian oleh manajemen, karena SOP hanya efektif apabila memiliki kontrol yang memadai. Hal tersebut lebih mudah diterapkan bila ada peran dari seorang pemimpin yang dapat memulainya terlebih dahulu serta dapat mengendalikan bawahannya membawa ke tujuan yang diharapkan. Karena begitu besar pengaruh pemimpin terhadap apa yang akan dilakukan oleh bawahannya. Dengan demikian, rumah sakit yang sekarang menjadi perhatian masyarakat dalam layanan kesehatan memerlukan ketiga hal tersebut yang saling berkaitan yaitu kepemimpinan, lingkungan pengendalian, serta SOP, khususnya di bagian keperawatan, agar tujuan dan visi yang diharapkan rumah sakit tersebut dapat berjalan dengan sesuai yang diharapkan dan diinginkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Viitanen, Elina dan Anne Konu. 2009. Leadership style profiles of middlelevel managers in social and health care. Leadership in Health Services, Vol. 22 Iss: 2 pp. 108 – 120.

Smith, Malcolm dan Kym Thorne. 2000. Accounting control and performance measurement in a teamworking environment. Managerial Auditing Journal, Vol. 15 Iss: 7 pp. 348 – 357.

Hellstrom, Andreas dkk. 2010. Process management in healthcare: investigating why it’s easier said than done. Manufacturing Technology Management, Vol. 21 Iss. 4 pp. 499-511.

Tambunan, Rudi M.. 2013. Pedoman Penyusunan Standard Operating Procedures (SOP) Edisi Kedua. MAIESTAS PUBLISHING: Jakarta.

Suyanto, SKp, M. Kep. 2008. Mengenal Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan di Rumah Sakit. Mitra Cendikia: Jogjakarta.

Yukl, G.. 2010. Leadership in Organizations, 7th ed. Prentice-Hall: Upper Saddle River, NJ.

Adikoesoemo, Dr. Suparto. 2003. Manajemen Rumah Sakit. Pustaka Sinar Matahari: Jakarta.

Marshall B. Romney, Paul John Steinbart, 2006. Accounting Information System, Ninth Edition, Prentice Hall.

Efferin, Sujoko dan Bonnie Soeherman. 2010. Seni Perang SunZi dan Sistem Pengendalian Manajemen: Filosofi dan Aplikasi. Elex Media, Gramedia: Jakarta.

Efferin, Sujoko dkk. 2008. Metode Penelitian Akuntansi: Mengungkapkan Fenommena dengan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Graha Ilmu: Yogyakarta.

http://id.wikipedia.org/wiki/Struktur_organisasi (diakses 28 nov’12)

http://id.wikipedia.org/wiki/Pengendalian_intern (diakses 28 Nov’12)

http://eprints.undip.ac.id/15797/1/Sanyoto_Rachmat.pdf (diakses 28 Nov’12) Leadership Center (learning leadership from the leaders) , -lima peranan penting pemimpin

http://leadershipqb.com/index.php?option=com_content&task=view&id=6933&Itemid=30 (diakses 28 Nov’12)

http://www.p3skk.litbang.depkes.go.id/ringkasan9.htm (diakses 15 Mar’13)

http://www.medanbisnisdaily.com/news/read/2013/05/30/32045/hindari_jeratan_hukum_rumah_sakit_
harus_bekerja_sesuai_sop/#.UbUwrNi66iY (diakses 15 Mar’13)
Published
2013-09-01