ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI UNTUK SIKLUS PEMBELIAN DAN PENJUALAN DALAM PENGEMBANGAN BISNIS ONLINE SHOP PADA “HOLLY SHOP” DI SURABAYA

  • Mery Meliyanti Lasakar Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 864 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 811 times
Keywords: Informasi Akuntansi, Siklus Pembelian dan penjualan, Bisnis Online Shop

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merancangkan system informasi untuk siklus pembelian dan penjualan dalam pengembangan bisnis online shop. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan objek penelitian yaitu Holly Shop di Surabaya. Sumber data diperoleh dari pemilik dan pelanggan Holly Shop. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara semistructure, observasi dan analisis dokumen. Dari hasil analisis dan perancangan sistem informasi untuk siklus pembelian dan penjualan dalam pengembangan bisnis online shop pada Holly Shop ditemukan bahwa pengambangan sistem informasi merupakan tahap yang sangat penting demi efisiensi dan efektifitas dalam siklus pembelian dan penjualan. Selain itu dengan desain sistem informasi yang baik, dimana ada pembagian tugas yang jelas antara tiap bagian, memperluas bisnis melalui facebook dan pembukaan gudang, maka proses bisnis berjalan dengan baik dan lancar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akande, Olusola, 2011. Accounting Skill as a Performance Factor for Small Businesses in Nigeria (http://jetems.scholarlinkresearch.org/articles/Accounting%20Skill%20as%20a%20
Performance%20Factor%20for.pdf) (diunduh pada tanggal 10 Maret 2013)

Dini. 2011. Bisnis Online: Modal Minimal, Keuntungan Maksimal (http://female.kompas.com/read/2011/11/01/16170771/Bisnis.Online.Modal.Minimal.Keuntungan.
Maksimal) (diunduh pada tanggal 15 Maret 2013

Efferin, Sujoko, Stevanus Hadi, dan Yuliawati Tan, 2004. Metode Penelitian untuk Akuntansi:Sebuah Pendekatan Praktis. Edisi pertama. Malang-Indonesia. Bayumedia Publishing

Heppy. 2012. Pengguna Internet Indonesia 2012 capai 63 juta orang (http://www.apjii.or.id/v2/index.php/read/article/apjii-atmedia/138/pengguna-internet-indonesia-2012-capai-63-juta-ora.html) (diunduh pada tanggal 10 Maret 2013)

Joko, Salim. 2011. Formula Bisnis Online. PT Elex Media Komputindo : Jakarta

Moeller, Robert. 2004. Sarbanes Oxley and the New internal Auditing Rules. John Wiley & Sons, Inc: Hoboken, New Jersey, United Stated of America

Mulyadi dan Johny Setyawan. 2001. Sistim Perencanaan dan Pengendalian Manajemen : Sistim Pelipatgandaan Kinerja Perusahaan, 2nd edition. Jakarta :Salemba Empat

Romney, Marshall B, and Paul Steibart. 2012. Accounting Information System 12th edition. Pearson Education: New Jersey

Turban. 2008. Electronic Commerce. Pearson Education, Inc
Published
2013-09-01