ANALISIS PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DI PERUSAHAAN MULTILEVEL MARKETING PT. HARMONI DINAMIK INDONESIA


Abstract
Corporate Social Responsibility merupakan sebuah komitmen dari suatu perusahaan untuk memberikan kontribusi yang lebih pada masyarakat, baik melalui tindakan sosial maupun tanggung jawab lingkungan. Di Indonesia, CSR sekarang dinyatakan lebih tegas lagi dalam Undang-Undang Perseroan Terbatas (UUPT) Pasal 74 No.40 Tahun 2007. Melalui undang-undang ini, industri atau korporasi wajib untuk melaksanakanya, tetapi kewajiban ini bukan suatu beban yang memberatkan. Perlu diingat pembangunan suatu negara bukan hanya tangungjawab pemerintah dan industri saja, tetapi setiap insan manusia berperan untuk mewujudkan kesejahteraan sosial dan pengelolaan kualitas hidup masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan CSR yang ada di Perusahaan yang bergerak dalam bidang Multilevel Marketing yaitu PT. Harmoni Dinamik Indonesia, khususnya CSR dalam bidang pendidikan. Program CSR di bidang pendidikan untuk anak-anak tingkat SMA yaitu dengan mendirikan sekolah gratis SMA Selamat Pagi Indonesia di Batu-Malang, Jawa Timur.
Downloads
References
(http://apli.or.id/website/index.php?option=com_content&view=article&id=139:apakah-ciri-ciri-mlm-&catid=32:pertanyaan-umum&Itemid=47, diakses pada tanggal 21 Maret 2013)
APLI MLM Indonesia. 2007. Daftar MLM Indonesia Anggota APLI, (online), (http://mlm-indonesia.blogspot.com/2007/11/anggota-apli.html , diakses pada tanggal 16 Maret 2013)
Bloch, Brian. 1996. Multilevel Marketing : what’s the catch?. (online), http://www.emeraldinsight.com.pustaka.
ubaya.ac.id/journals.htm?issn=07 36-3761&volume=13&issue=4&articleid=856231, diakses pada tanggal 11 April 2013)
Efferin, Sujoko,dkk.2008.Metode Penelitian Akuntansi.Yogyakarta: Graha Ilmu
Kiyosaki, Robert T. 2010.The Cashflow Quadrant. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Kurniawan, Teguh. 2008. Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR): Perspektif Administrasi Publik. (online), (http://staff.ui.ac.id/internal/0900300014/publikasi/Penerapan_Corporate_Social_Responsibility_
TeguhKurniawan.pdf, diakses pada tanggal 3 Maret 2013)
Kustin, Richard A. Jones, Robert A. 1995. Research note : a study of direct selling perceptions in Australia. (online) , (http://www.emeraldinsight.com/journals.htm?articleid=855325, diakses pada tanggal 21 Mei 2013)
Majalah Warta Ekonomi.Maret 2001. 10 Profesi Termahal Tahun 2000-2001. (online), (http://www.wartaekonomi.co.id, diakses pada tanggal 15 Mei 2013)
Rahman, Reza. 2009. Corporate Social Responsibility. (online), (http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/26162/3/Chapter%20II.pdf , diakses pada tanggal 2 April 2013)
Schwartz, David J. 1995. Berpikir dan Menjadi Sukses.Jakarta : Binarupa Aksara
Suharto, Edi. 2002. Corporate Social Responsibility : What is and Benefits for Corporate. (online),
(http://www.policy.hu/suharto/Naskah%20PDF/CSRIntipesanJkt.pdf ,diakses pada tanggal 2 Maret 2013)
Tranggono, Anindito. 2012. Tren Perubahan CSR di Indonesia. (online), (http://repository.library.uksw.edu/bitstream/handle/123456789/1212/T1_212007069_Lampiran.pdf?sequence=7, diakses pada tanggal 3 April 2013)
Untung, Hendrik Budi.2008. Corporate Social Responsibility. Jakarta: Grafika Offset.
Wibisono, Yusuf. 2007. Membedah Konsep dan Aplikasi CSR. Gresik: Fascho Publishing.
Wineberg, Danette and Phillip H. Rudolph. (May2004). “Corporate Social Responsibility – WhatEvery In House Counsel Should Know”, dalam ACC Docket.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.