IMPOR VS LOKAL

Studi Kasus Tentang Keputusan Membeli Makanan Kemasan

  • Fellycia Soegiono Universitas Surabaya
Abstract Views: 479 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 364 times
Keywords: Faktor pengambilan keputusan, keputusan membeli, makanan kemasan, dewasa awal

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memahami dinamika proses pengambilan keputusan konsumen dalam membeli dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang melatarbelakangi proses tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus instrumental yang melibatkan 10 informan dengan usia dewasa awal (20-40 tahun), meliputi 5 informan yang cenderung memilih makanan kemasan produksi impor dan 5 informan yang cenderung memilih makanan kemasan produksi lokal. Teknik pengambilan data yang dilakukan dengan cara interview dan observasi pada masing-masing informan. Hasil penelitian menunjukan bahwa informan memilih makanan kemasan impor terdiri dari 2 faktor yang memengaruhi keputusan membeli yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi faktor pribadi: (1) umur, informan dengan umur 20-40 tahun yang memiliki tugas perkembangan yaitu dapat membuat keputusan sendiri sehingga keputusan membeli informan tidak terpengaruh dari orang lain walaupun ada beberapa informan yang secara tidak langsung masih terpengaruh dari keluarga; (2) status ekonomi, informan memiliki status ekonomi menengah dan atas; (3) pekerjaan, faktor ini sebagai penunjang dalam keputusan membeli; (4) gaya hidup, merupakan pola hidup informan yang digambarkan melalui kegiatan, minat, dan pendapatan; dan faktor psikologis: (1) persepsi: informan yang telah mendapatkan berbagai informasi saat kecil, terbawa sampai sekarang sehingga informan memiliki persepsi negatif terhadap salah satu produksi makanan kemasan sesuai informasi yang diterima dari kecil; (2) proses belajar: informan melakukan proses belajar yaitu law of effect dan trial and error). Selain itu juga meliputi faktor eksternal yaitu faktor kebudayaan,terbiasa dengan yang lokal sehingga tidak cocok dengan yang impor; faktor sosial (keluarga), salah satu faktor yang berpengaruh dalam pengambilan keputusan; dan faktor produk (harga, saluran distribusi, kemasan, desain produk, warna kemasan produk, aesthatics-rasa makanan kemasan), semua faktor dari produk menjadi faktor pendukung bagi informan dalam keputusan membeli.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2012-09-02