PENERAPAN OPERATIONAL RISK MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS KEGIATAN OPERASIONAL PADA CV FADLI AL-ROBBY

  • Dini Rahmawati Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 378 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 558 times
Keywords: OMR, Operational Management Risk, Eficiency, Produktivitas

Abstract

Penelitian ini akan membahas mengenai penerapan Operational Risk Management pada badan usaha manufaktur yang bekerja di bidang industry pengolahan plastik. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui risiko potensial apa saja yang terdapat dalam kegiatan operasional CV Fadli Al-Robby yang mempengaruhi efektivitas kegiatan produksi tersebut. Sebelum melakukan analisis ORM dilakukan analisis SWOT terkait kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang terjadi pada badan usaha, kemudian setelah tahu penyebab terjadinya, maka dilakukan beberapa tahapan ORM. Penerapan ORM pada CV Fadli Al-Robby ditujukan dalam rangka mencapai efektivitas kegiatan operasional badan usaha. Diharapkan penerapan ORM di badan usaha dilakukan sevara kompleks, sehingga badan usaha dapat mencapai efektivitas kegiatan operasional dan tujuan badan usaha dapat tercapai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Committee of Sponsoring Organizations (COSO) of the Tradeway Commission, 2004. Enterprise Risk Management – Integrated Framewok

Alijoyo, Antonius .2006. Enterprise Risk Management : Pendekatan Praktis, edisi kedua. Jakarta : Ray Indonesia

Hanafi, 2006. Manajemen Risiko Korporat. Pendidikan dan Pembinaan Manajemen, Jakarta

Jalal, Akram. 2011. Evaluating Enterprise Risk Management (ERM); Bahrain Financial Sectors As a Case Study. (http:/ www.ccsenet.org/ibr.pdf diakses pada 25 januari 2013)

Limanto Sentosa. 2002. Manajemen Risiko Pada Operasional Perusahaan Beton. (http:/ www.leonard@peter.petra.ac.id.pdf diakses pada 25 Januari 2013)

Okti, Adhelia. 2011. Analisis risiko operasional: teknika. (http://www.jurnalmuslich.co.id/jurnalmuslich-no124/5386.pdf diakses pada 05 Februari 2013)
Published
2013-09-20