PERANCANGAN PERMAINAN GREENPLAY SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN PEDULI LINGKUNGAN BAGI ANAK-ANAK

  • Evelyna Wijaya Jurusan Desain dan Manajemen Produk Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 379 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 437 times
Keywords: Global Warming, Go Green, Greenplay, Desain Produk

Abstract

Global warming atau pemanasan global adalah isu yang marak di dunia yang terjadi karena adanya proses peningkatan suhu. Salah satu upaya mengurangi global warming adalah dengan aksi peduli lingkungan atau konsep go green, diperlukan keterlibatan segenap komponen masyarakat, tak terkecuali anak-anak untuk berpartisipasi. Penelitian ini dilakukan untuk memberi solusi dalam mendidik anak kecil mengenai betapa pentingnya menjaga lingkungan melalui beragam aktivitas yang menyenangkan sekaligus menanamkan secara kokoh nilai-nilai yang ditujukan, serta dapat mengenalkan material ramah lingkungan dan pemanfaatannya dalam produk sejak dini pada anak-anak. Permainan greenplay adalah permainan yang memiliki tanggung jawab terhadap lingkungan dan sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan obsevasi dan wawancara sebagai metode pengumpulan datanya. Kebutuhan anak yang akan diajarkan terhadap aspek lingkungan, misalnya, membuang sampah pada tempatnya, menanam tanaman, memahami makanan setiap hewan. Material utama yang dipakai untuk pembuatan produk ini adalah bambu. Konsep yang dipakai adalah learn and play. Hasil akhir dari penelitian ini adalah permainan dengan muatan go green yang dapat membantu anak bermain serta belajar peduli terhadap lingkungan yang diberi nama kid-eco

Downloads

Download data is not yet available.

References

Carson, Rachel. (1962) : Silent Spring, Houghton Mifflin Company, New York.

Gunarsa, Singgih D. (1982) : Bunga rampai : anak-anak berbakat, pembinaan dan pendidikannya, Rajawali, Jakarta.

Hurlock, Elizabeth B. (1978) : Child development, McGraw-Hill, New York.

Kasali, Rhenald. (1998) : Membidik Pasar Indonesia : Segmentasi, Targeting, Positioning, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Mayke Sugianto. (1995) : Bermain Mainan dan Permainan, Dikbud, Jakarta.

Myers, William (2012) : Bio Design: Nature, Science, Creativity, Thames and Hudson Ltd, New York.

Palgunadi, Bram. (2008). Desain Produk 4 Analisis dan Konsep Desain, ITB, Bandung.

Papanek, Victor. (1995) : The Green Imperative: Ecology and Ethics in Design and Architecture, Thames & Hudson, New York.

Soetjiningsih. (1995) : Tumbuh kembang anak, EGC, Jakarta.

Suryabrata, Sumadi. (1987) : Pengukuran dalam psikologi kepribadian, Rajawali Pers, Jakarta.

Suryabrata, Sumadi. (2000) : Pengembangan alat ukur psikologis , Rajawali Pers, Jakarta.

apedukatif.com/permainan-edukatif, diunduh tanggal 10 Mei 2013.

bambuawet.com/bamboo-plant.htm, diunduh tanggal 06 April 2013.

bambuawet.com/tentangbambu/pemanfaatanbambu/bangunanbambu/, diunduh tanggal 06 April 2013.

changemakers.com /project/green-top-urban-farming, diunduh tanggal 8 November 2012.

childrenwebmag.com/articles/editorial/the-human-scale, diunduh tanggal 17 April 2012.

duniaanakcerdas.com/kecerdasan-naturalis.html, diunduh tanggal 21 Agustus 2013

gayahidup.inilah.com/ /read/detail/1883719/ajak-anak-indonesia-terapkan-gayahidup-hijau, diunduh tanggal 8 November 2012.

health.detik.com/read/2011/04/14/120159/1617042/764/warna-bisa-pengaruhipsikologis-anak, diunduh tanggal 17 April 2013.

huffingtonpost.com/lee-schneider/, diunduh tanggal 8 November 2012.

hutantropis.com/ajarkan-anak-mencintai-alam, diunduh pada Surabaya, 3 Juni 2012.

ibudanbalita.com /pojokcerdas/tumbuhkan-kepedulian-lingkungan-pada-anak, diunduh tanggal 3 Juni 2012.

jakarta.bubyulhaq.com/definisi-go-green/,diunduh tanggal 17 April 2012.

jambi.tribunnews.com//2011/07/20/yuk-beri-contoh-green-lifestyle-pada-anak, diunduh tanggal 8 November 2012.

kompasiana.com/gogreen.htm, diunduh tanggal 3 Juni 2012.

new.paudni.kemdiknas.go.id/category/berita/, diunduh tanggal 3 Juni 2012.

skydesign.com/greenplay, diunduh tanggal 10 Mei 2013.
Published
2013-09-20