PERANCANGAN PERMAINAN GREENPLAY SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN PEDULI LINGKUNGAN BAGI ANAK-ANAK
Abstract
Global warming atau pemanasan global adalah isu yang marak di dunia yang terjadi karena adanya proses peningkatan suhu. Salah satu upaya mengurangi global warming adalah dengan aksi peduli lingkungan atau konsep go green, diperlukan keterlibatan segenap komponen masyarakat, tak terkecuali anak-anak untuk berpartisipasi. Penelitian ini dilakukan untuk memberi solusi dalam mendidik anak kecil mengenai betapa pentingnya menjaga lingkungan melalui beragam aktivitas yang menyenangkan sekaligus menanamkan secara kokoh nilai-nilai yang ditujukan, serta dapat mengenalkan material ramah lingkungan dan pemanfaatannya dalam produk sejak dini pada anak-anak. Permainan greenplay adalah permainan yang memiliki tanggung jawab terhadap lingkungan dan sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan obsevasi dan wawancara sebagai metode pengumpulan datanya. Kebutuhan anak yang akan diajarkan terhadap aspek lingkungan, misalnya, membuang sampah pada tempatnya, menanam tanaman, memahami makanan setiap hewan. Material utama yang dipakai untuk pembuatan produk ini adalah bambu. Konsep yang dipakai adalah learn and play. Hasil akhir dari penelitian ini adalah permainan dengan muatan go green yang dapat membantu anak bermain serta belajar peduli terhadap lingkungan yang diberi nama kid-eco
Downloads
References
Gunarsa, Singgih D. (1982) : Bunga rampai : anak-anak berbakat, pembinaan dan pendidikannya, Rajawali, Jakarta.
Hurlock, Elizabeth B. (1978) : Child development, McGraw-Hill, New York.
Kasali, Rhenald. (1998) : Membidik Pasar Indonesia : Segmentasi, Targeting, Positioning, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Mayke Sugianto. (1995) : Bermain Mainan dan Permainan, Dikbud, Jakarta.
Myers, William (2012) : Bio Design: Nature, Science, Creativity, Thames and Hudson Ltd, New York.
Palgunadi, Bram. (2008). Desain Produk 4 Analisis dan Konsep Desain, ITB, Bandung.
Papanek, Victor. (1995) : The Green Imperative: Ecology and Ethics in Design and Architecture, Thames & Hudson, New York.
Soetjiningsih. (1995) : Tumbuh kembang anak, EGC, Jakarta.
Suryabrata, Sumadi. (1987) : Pengukuran dalam psikologi kepribadian, Rajawali Pers, Jakarta.
Suryabrata, Sumadi. (2000) : Pengembangan alat ukur psikologis , Rajawali Pers, Jakarta.
apedukatif.com/permainan-edukatif, diunduh tanggal 10 Mei 2013.
bambuawet.com/bamboo-plant.htm, diunduh tanggal 06 April 2013.
bambuawet.com/tentangbambu/pemanfaatanbambu/bangunanbambu/, diunduh tanggal 06 April 2013.
changemakers.com /project/green-top-urban-farming, diunduh tanggal 8 November 2012.
childrenwebmag.com/articles/editorial/the-human-scale, diunduh tanggal 17 April 2012.
duniaanakcerdas.com/kecerdasan-naturalis.html, diunduh tanggal 21 Agustus 2013
gayahidup.inilah.com/ /read/detail/1883719/ajak-anak-indonesia-terapkan-gayahidup-hijau, diunduh tanggal 8 November 2012.
health.detik.com/read/2011/04/14/120159/1617042/764/warna-bisa-pengaruhipsikologis-anak, diunduh tanggal 17 April 2013.
huffingtonpost.com/lee-schneider/, diunduh tanggal 8 November 2012.
hutantropis.com/ajarkan-anak-mencintai-alam, diunduh pada Surabaya, 3 Juni 2012.
ibudanbalita.com /pojokcerdas/tumbuhkan-kepedulian-lingkungan-pada-anak, diunduh tanggal 3 Juni 2012.
jakarta.bubyulhaq.com/definisi-go-green/,diunduh tanggal 17 April 2012.
jambi.tribunnews.com//2011/07/20/yuk-beri-contoh-green-lifestyle-pada-anak, diunduh tanggal 8 November 2012.
kompasiana.com/gogreen.htm, diunduh tanggal 3 Juni 2012.
new.paudni.kemdiknas.go.id/category/berita/, diunduh tanggal 3 Juni 2012.
skydesign.com/greenplay, diunduh tanggal 10 Mei 2013.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.