PENGGUNAAN MATERIAL TYVEK SEBAGAI BAHAN BAKU PEMBUATAN TAS WANITA

  • Marcella Linardi Jurusan Desain dan Manajemen Produk Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 1474 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 776 times
Keywords: Tyvek, tas, wanita, bahan baku, etnik

Abstract

Tyvek merupakan material yang berbentuk lembaran menyerupai kertas, yang memiliki karakteristik tidak mudah robek, kedap air namun bisa memungkinkan pertukaran udara, memiliki berat material yang sangat ringan, serta bisa didaur ulang. Minimnya informasi menyebabkan pemanfaatan tyvek di Indonesia kurang optimal. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengoptimalkan karakter dan penggunaan material tyvek yang dilakukan dengan cara memanfaatkannya menjadi bahan baku pembuatan tas wanita. Pengembangan tyvek menjadi produk tas wanita didasari oleh tingkat penjualan tas wanita yang tinggi dan karakter tyvek yang potensial untuk digunakan menjadi bahan baku tas wanita. Penelitian ini dilakukan dengan cara mencari studi literatur dan observasi sebagai referensi. Data yang telah terkumpul dilanjutkan dengan analisa data untuk membuat konsep desain dan sketsa alternatif hingga terpilih sebuah desain akhir untuk diwujudkan dalam bentuk nyata. Desain akhir yang terpilih adalah tas tyvek yang memiliki corak etnik terinspirasi dari suku Dayak di Kalimantan. Corak etnik dipilih karena menurut prediksi tren mode akhir tahun 2012, corak tersebut akan populer pada tahun 2013. Tas tersebut menggunakan teknik anyam untuk menutup kelemahan bahan baku yang mudah kusut. Terakhir, desain akhir tersebut dikembangkan lagi menjadi koleksi mini seri yang terdiri dari 2 buah tas dan sebuah dompet.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Civic Duty. Wrap Your Feet in Tyvek. 2012. www.civicdutyshoes.com

Dewan redaksi penerbitan. 1976. Kutai Perbendaharaan Kebudayaan Kalimantan Timur. Jakarta: Balai Pustaka.

Diez, Stefan. Papier Tyvek Bags.6-03-2009. http://hypebeast.com/2009/3/papiertyvek-bags

Dupont Tyvek. The Original Nonwoven Technology. 2012. http://www2.dupont.com/Tyvek/en_US/index.html

Gobe, Marc. 2005. Emotion Branding. Jakarta: Erlangga.

Hurlock, Elizabeth. 1968. Development Psychology. New York: Hill book company.

Insight Guides Indonesia. 2012. Singapore: Apa Publication.

Jacob, Ilvy. Graduation Collection Bags. 31-10-2010. http://www.designboom.com/design/ilvy-jacobs-graduation-collection-bags/

Jero, Triesna. 2012. Adikriya Sulam Indonesia. Jakarta: Yayasan Sulam Indonesia.

Kahn, Jodi. 2008. Simply Subline Bags. China.

Kominfo Jatim. Daya Beli Masyarakat Meningkat. 14-02-2012. http://kominfo.jatimprov.go.id/watch/30052

LaFosse, Michael and Richard Alexander. 2011. Geometri Origami. Hongkong: Tuttle Publishing.

MA, Jacqui. Diesel Polietilencia Bags AKA Tyvek. 25-03-2008. http://anotherbagblog.blogspot.com/2008/03/diesel-polietilencia-bags-akatyvek.html

Moran, Githa. Gogirl!, Fashion Forecast 2013. 95 (2012). 42.

Palgunadi, Bram. 2008. Disain Produk 3. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Sunaryo, Aryo. 2009. Ornamen Nusantara. Semarang: Dahara Prize.

Thames and Hudson. 2012 The Advertising Concept Book. China: Topan Printing.
Published
2013-09-20