PERANCANGAN MAINAN EDUKATIF PENGENALAN TOKOH PEWAYANGAN BAGI MURID SEKOLAH DASAR (USIA 10-12 TAHUN)
(Studi Kasus SDN Kebraon I Surabaya)
Abstract
Indonesia memiliki budaya yang sangat beraneka ragam. Keanekaragaman budaya tersebut sangatlah penting karena budaya merupakan identitas asli bangsa Indonesia. Wayang merupakan kesenian tradisional yang dapat berkembang dari jaman ke jaman dan mampu menerima penyesuaian dari budaya luar yang masuk ke Indonesia. Namun sekarang banyak orang yang sudah meninggalkan kesenian tradisonal ini. Masyarakat modern seakan acuh (tidak peduli) terhadap warisan tersebut. Kalangan generasi muda seperti murid sekolah dasar, lebih mengenal artis-artis luar negeri dibanding tokoh pewayangan. Padahal wayang sendiri telah diajarkan sejak dini di jenjang sekolah dasar. Hal ini disebabkan oleh kurang tersedia media yang mampu menarik minat murid dalam mengenal wayang. Oleh karenanya, dibutuhkan media untuk menstimulasi (membangkitkan) minat murid agar tertarik dengan pewayangan Indonesia. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif meliputi kuisioner dan metode kualitatif meliputi wawancara dan observasi langsung. Metode penelitian ini digunakan agar memperoleh keterangan dan data yang digunakan untuk tujuan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa salah satu media yang bisa digunakan untuk pengenalan wayang adalah mainan edukatif. Dengan menggunakan permainan, murid tidak merasa sedang belajar sehingga proses belajar mengajar akan terasa menyenangkan.Konsep permainan yang digunakan adalah cultural toys dimana dalam permainan terdapat budaya wayang, sosial play untuk mengajarkan anak bersosialisasi dan ekplorasi strategi agar anak tertarik untuk memainkan permainan ini. Dengan produk ini diharapkan anak dapat tertarik mengenal tokoh wayang.
Downloads
References
Darmaprawiwa w.a, Sulami.2002.Warna : Teori dan Kreatifitas Penggunaannya edisi 2. Bandung : ITB.
Dorothy. 1985. Bentuk - bentuk permaianan untuk murid sekolah dasar. Journal of Macam - macam permainan motorik. 22-25. Febuari, 1985.
Hartatik S.pd, Sri. 2011. Pepak Basa Jawa. Surabaya : DUA MEDIA.
Kasali, Rhenald. 1998. Membidikan Pasar Indonesia : Segementasi, Targeting, Positioning. Jakarta : Gramedia Pusaka Utama.
Nurmianto, Eko. 2008. Ergonomi: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Surabaya : Guna Widya.
Palgunadi, Bram. 2008. Desain Produk 4 Analisis dan Konsep Desain. Bandung : Institut Teknologi Bandung.
Soetjiningsih. 1995. Syarat - Syarat Alat Permainan Edukasi yang Baik. Journal of Alat Permainan Edukatif. 8-9. Januari, 1995.
Subandi, Dwidjo.2008. Pinter Basa 3 : Wulangan Basa Jawa Sekolah Dasar Adhedasar Kurikulum Basa Jawa prov. Jawa Timur. Surabaya : Prima Media.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.