IMPLEMENTASI PENGENDALIAN KUALITAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE STATISTIK PADA PT.INDUSTRI MARMER INDONESIA TULUNGAGUNG

  • Meirilyn Natasya Universitas Surabaya
  • Siti Rahayu Universitas Surabaya
  • Stefanus Budy Widjaja Universitas Surabaya
Abstract Views: 1139 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 1202 times
Keywords: Manajemen Kualitas, Pengendalian Kualitas, PDCA, Produk Cacat.

Abstract

Pertumbuhan dan perkembangan perekonomian di era globalisasi menumbuhkan perusahaan-perusahaan baru sehingga meningkatkan persaingan. Banyaknya perusahaan yang membuat produk sejenis menyebabkan semakin kecil porsi penjualan produk, sehingga membuat perusahaan menjadi berlomba-lomba memiliki berbagai keunggulan dan salah satu yang paling utama adalah kualitas. Salah satu industri yang mengalami persaingan adalah jenis industri bahan galian non logam. PT IMIT merupakan perusahaan yang bergerak dalam industri bahan galian golongan C (non logam) yang memproduksi berbagai jenis dan ukuran marmer. Marmer jenis Kawi ukuran 60 x 60 x 2 cm, jenis Bromo ukuran 60 x 60 x 2 cm, dan jenis Kawi ukuran 120 x 240 x 2 cm merupakan jenis marmer yang paling banyak diproduksi dan yang paling sering dipesan oleh konsumen, sehingga kemungkinan cacat yang dihasilkan lebih besar daripada jenis dan ukuran marmer lainnya. PT IMIT sudah melakukan upaya pengendalian kualitas sederhana, yaitu dengan melakukan pengecekan kualitas block marmer dari tambang, Bahan Baku Gergaji (BBG), dan Barang Jadi Akhir (BJA) marmer. Penelitian ini berisi tentang implementasi pengendalian kualitas yang dilakukan oleh PT IMIT pada proses pemotongan menggunakan mesin cross cutting, proses tambal manual dan proses pengangkutan ke gudang untuk menanggulangi kecacatan produk pada saat proses produksi, serta pengukuran dan pembahasan penelitian dengan tahapan PDCA diterapkan oleh perusahaan dalam melakukan seluruh aktivitas produksinya. Implementasi pengendalian kualitas menggunakan metode statistik yang disertai dengan tahapan PDCA, membuat bisa mendeteksi kecacatan, mencegah terjadinya kecacatan, serta dapat menjaga dan meningkatkan standar kualitas produk. Diharapkan kecacatan dapat diminimalkan atau mencapai “zero defect”, dan pada akhirnya produksi yang dihasilkan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen dan perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2012-09-02