PENGARUH MUSIK KLASIK TERHADAP KECEMASAN

  • Jessica Abalorna Miryam Baimudi Rumbiak Fakultas Psikologi, Universitas Surabaya, Surabaya-Indonesia
  • Brenda Thessalonika Hetharia Fakultas Psikologi, Universitas Surabaya, Surabaya-Indonesia
  • Theresia Oktaviani Juita Fakultas Psikologi, Universitas Surabaya, Surabaya-Indonesia
  • Cahyani Mega Ayu Lestari Putri Fakultas Psikologi, Universitas Surabaya, Surabaya-Indonesia
  • Nico Fakultas Psikologi, Universitas Surabaya, Surabaya-Indonesia
  • Ananta Yudiarso Fakultas Psikologi, Universitas Surabaya, Surabaya-Indonesia
Abstract Views: 522 times
PDF Downloads: 416 times
Keywords: classical music, anxiety, college student, posttest only control group design, musik klasik, kecemasan, mahasiswa, posttest only control group design

Abstract

Abstract Classical music is one type of music with a slow tempo character, and can help individuals who experience physical and psychological barriers such as anxiety. Anxiety is an emotion that arises as a result of feeling depressed or stressed that someone has. In this research, the method used is True Experiment Posttest Only Control Group Design. In this study, there were two groups, namely the experimental group and the control group, which were determined using Random Assignment. The measuring instrument in this study is the Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS) which consists of 14 items. The lowest score owned by the subject in the experimental group was 11 which could be categorized as mild anxiety, and the highest score was 38 which could be categorized as high anxiety. In the control group, the lowest score owned by the subject is 17 which can be categorized as mild anxiety, and the highest score is 39 which can be categorized as high level anxiety. Based on the results of statistical tests carried out, the sig value in the hypothesis test is 0.303 which shows that there is no effect of giving classical music to the anxiety experienced by students.

Keywords: classical music, anxiety, college student, posttest only control group design

 

Abstrak—Musik klasik adalah salah satu jenis musik dengan karakter tempo yang lambat, dan dapat membantu individu yang mengalami hambatan secara fisik maupun psikologis misalnya kecemasan. Kecemasan merupakan suatu emosi yang muncul sebagai akibat dari rasa tertekan maupun stres yang dimiliki oleh seseorang. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah True Experiment Posttest Only Control Group Design. Dalam penelitian ini terdapat dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang ditentukan dengan menggunakan Random Assignment. Alat ukur dalam penelitian ini adalah Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS) yang terdiri dari 14 item. Nilai terendah yang dimiliki oleh subjek dalam kelompok eksperimen yaitu 11 yang dapat dikategorikan sebagai kecemasan ringan, serta nilai tertinggi yaitu 38 yang dapat dikategorikan sebagai kecemasan tinggi. Pada kelompok kontrol, nilai terendah yang dimiliki oleh subjek yaitu 17 yang dapat dikategorikan sebagai kecemasan ringan, serta nilai tertinggi yaitu 39 yang dapat dikategorikan sebagai kecemasan tingkat tinggi. Berdasarkan hasil uji statistik yang dilakukan, nilai sig pada uji hipotesis yaitu 0.303 yang mana hal ini menunjukan bahwa tidak ada pengaruh pemberian musik klasik terhadap kecemasan yang dialami oleh mahasiswa.

Kata kunci: musik klasik, kecemasan, mahasiswa, posttest only control group design

Downloads

Download data is not yet available.

References

Betsy, R., & Dwiana, A. (2019). Pengaruh Musik Klasik Terhadap Tingkat Kecemasan Mahasiswa Blok Sistem Muskuloskeletal Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Tarumanagara Medical Journal, 2(1), 130–136. Https://Journal.Untar.Ac.Id/Index.Php/Tmj/Article/View/5863

Giuliano, V. E. (1967). Additional References. Communications Of The ACM, 10(6), 342. Https://Doi.Org/10.1145/363332.363339

Faradisi, F. (2012). Efektivitas terapi murotal dan terapi musik klasik terhadap penurunan tingkat kecemasan pasien pra operasi di pekalongan. Jurnal ilmiah kesehatan, 5(2).

Fauziyyah, R., & Citra Awinda, R. (2021). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Tingkat Stres dan Kecemasan Mahasiswa selama Pandemi COVID-19 (Vol. 1). http://pdskji.org/home.

Isnaniar, Wiwik Norlita, R. A. (2019). Pengaruh Pemberian Terapi Musik Klasik Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir Di Stikes Mitra Bunda Persada Batam Tahun 2017. Semnas Mipakes, 1(1), 38–48.

Melati, I. S., & Suhadianto, S. (2018). Efektivitas musik Mozart untuk meningkatkan kreativitas verbal. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 7(1), 69-78.

Osmanoğlu, D. E., & Yilmaz, H. (2019). The Effect Of Classical Music On Anxiety And Well-Being Of University Students. International Education Studies, 12(11), 18. Https://Doi.Org/10.5539/Ies.V12n11p18

Ramdan, I. M. (2019). Reliability And Validity Test Of The Indonesian Version Of The Hamilton Anxiety Rating Scale (HAM-A) To Measure Work-Related Stress In Nursing. Jurnal Ners, 14(1), 33. Https://Doi.Org/10.20473/Jn.V13i2.10673

Rihiantoro, T., & Nurachmah, E. (2008). Pengaruh Terapi Musik Terhadap Status Sebuah Rumah Sakit Di Lampung. Keperawatan Indonesia, 12, 115–120.

Rohmah, D. W. S. & F. A. (2011). Efektivitas Musik Klasik Dalam Menurunkan Kecemasan Matematika (Math Anxiety) Pada Siswa Kelas Xi. Humanika, Vol. VIII.

Rosanty, R. (2014). Pengaruh musik mozart dalam mengurangi stres pada mahasiswa yang sedang skripsi. Journal of Educational, Health and Community Psychology, 3(2), 24817.

Safari, S., & Triantoro, E. (2009). Emotion Management. Jakarta: Earth Literacy.

Saifudin, M., & Wijaya, P. (2016). Pengaruh Terapi Musik Klasik Terhadap Tingkat Kecemasan Remaja Putra (13-15 Tahun). Journal Of Ners Community, Vol 07(1), 21–32.

Stuart, G. W. (2006). Buku saku: Keperawatan jiwa. Egc.

Suwanto, Ahmad Hasan Basri, M. U. (2016). Effectiveness Of Classical Music Therapy And Murrotal Therapy To Decrease The Level Of Anxiety Patients Pre Surgery Operation. Journals Of Ners Community. 173–187.

Wahyudi, I., Bahri, S., & Handayani, P. (2019). Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Budaya Indonesia. V(1), 135–138. Https://Doi.Org/10.31294/Jtk.V4i2

Windarwati, H. D. (2020). “Takut Kehilangan” Penyebab Kecemasan Keluarga Yang Merawat Anak Dengan Hospitalisasi Di Rumah Sakit. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(2), 197–202.

Yusa RM, A. (2012). Perbedaan Kecemasan Ditinjau Dari Locus Of Control Pada Warga Binaan Pemasyarakatan Di Rutan Kelas 1 Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Yuspitasari, R., Rahmawati, & Dalimunthe, R. Z. (2020). The Effect Of Using Music Classic (Mozart) Towards Student Anxiety Before The Exams. Journal Of Family Sciences, 5(1), 47–56. Https://Doi.Org/10.29244/Jfs.5.1.47-56

Published
2023-08-30