HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI DENGAN INTENSI MEMBELI PADA KONSUMEN TAS BRANDED
Abstract
Bagi perempuan, fashion tidak terlepas dari bagian hidup mereka yang dapat menunjang penampilan agar tampil lebih menarik. Oleh karena itu, banyak perempuan yang gemar mengoleksi berbagai atribut fashion, salah satunya adalah tas. Tas memiliki range harga berbeda-beda sesuai dengan bahan yang digunakan, ukuran hingga merek dari tas itu sendiri. Nilai jual dari sebuah tas yang merupakan merek mewah dinamakan dengan tas branded. Tas branded memiliki kisaran harga dari jutaan hingga ratusan juta. Barang mewah ini tentunya tidak semua orang mampu membelinya dan oleh karenanya menjadi perhatian khusus bagi kalangan kelas sosial ekonomi menengah ke atas. Keunggulan dari bahan yang digunakan dan keunikan dari harga jualnya yang kemudian memotivasi konsumen untuk membelinya. Kemudian, ketertarikan perempuan yang berlebih pada fashion dan adanya jaminan kualitas dari produk tersebut sehingga menimbulkan intensi membeli. Berdasarkan pemaparan tersebut sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara motivasi dengan intensi membeli pada konsumen tas branded. Subjek dalam penelitian ini melibatkan perempuan dewasa awal dengan rentang usia 20-40 tahun. Sampel penelitian ini berjumlah 50 subjek yang semuanya pernah atau bahkan mengoleksi tas branded. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan ditambahkan dengan wawancara sebagai data tambahan dan kemudian diuji dengan menggunakan program SPSS for windows untuk mengetahui ada atau tidak hubungan antara kedua variabel tersebut. Berdasarkan hasil pengujian, diketahui bahwa ada hubungan antara motivasi dengan intensi membeli pada konsumen tas branded dengan nilai p=0,000 yang memenuhi nilai signifikan <0,05 dan hubungannya bersifat positif dengan nilai r=0,594. Hal ini berarti semakin tinggi motivasi maka semakin tinggi pula intensi membeli, begitupun sebaliknya.
Downloads
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.