HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI DENGAN INTENSI MEMBELI PADA KONSUMEN TAS BRANDED

  • Jessica Scolastica Febrin Wisal Fakultas Psikologi Universitas Surabaya
Abstract Views: 702 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 1995 times
Keywords: Motivasi Konsumen, Intensi Membeli, Tas Branded, Perempuan

Abstract

Bagi perempuan, fashion tidak terlepas dari bagian hidup mereka yang dapat menunjang penampilan agar tampil lebih menarik. Oleh karena itu, banyak perempuan yang gemar mengoleksi berbagai atribut fashion, salah satunya adalah tas. Tas memiliki range harga berbeda-beda sesuai dengan bahan yang digunakan, ukuran hingga merek dari tas itu sendiri. Nilai jual dari sebuah tas yang merupakan merek mewah dinamakan dengan tas branded. Tas branded memiliki kisaran harga dari jutaan hingga ratusan juta. Barang mewah ini tentunya tidak semua orang mampu membelinya dan oleh karenanya menjadi perhatian khusus bagi kalangan kelas sosial ekonomi menengah ke atas. Keunggulan dari bahan yang digunakan dan keunikan dari harga jualnya yang kemudian memotivasi konsumen untuk membelinya. Kemudian, ketertarikan perempuan yang berlebih pada fashion dan adanya jaminan kualitas dari produk tersebut sehingga menimbulkan intensi membeli. Berdasarkan pemaparan tersebut sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara motivasi dengan intensi membeli pada konsumen tas branded. Subjek dalam penelitian ini melibatkan perempuan dewasa awal dengan rentang usia 20-40 tahun. Sampel penelitian ini berjumlah 50 subjek yang semuanya pernah atau bahkan mengoleksi tas branded. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan ditambahkan dengan wawancara sebagai data tambahan dan kemudian diuji dengan menggunakan program SPSS for windows untuk mengetahui ada atau tidak hubungan antara kedua variabel tersebut. Berdasarkan hasil pengujian, diketahui bahwa ada hubungan antara motivasi dengan intensi membeli pada konsumen tas branded dengan nilai p=0,000 yang memenuhi nilai signifikan <0,05 dan hubungannya bersifat positif dengan nilai r=0,594. Hal ini berarti semakin tinggi motivasi maka semakin tinggi pula intensi membeli, begitupun sebaliknya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-09-20