PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN KEDAI MASAKAN JEPANG MOSHI MOSHI DI SURABAYA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan pada kedai makanan Jepang Moshi Moshi di Surabaya. Responden yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 orang responden yang membeli dan menikmati makanan dan minuman di kedai makanan Jepang Moshi Moshi di Surabaya dengan karakteristik minimal berkunjung tiga kali dalam 6 bulan terakhir, responden dengan pendidikan minimum SMA atau sederajat yang pernah membeli dan menikmati makanan dan minuman di kedai makanan Jepang di Surabaya selain di kedai Moshi Moshi dalam 6 bulan terakhir. Pernah membeli dan menikmati menu andalan antara lain katsu curry, moshi-moshi sushi roll atau shoyu ramen. Dan bertempat tinggal di Surabaya. Metode pengolahan data yang digunakan adalah analisis Linier sederhana dan analisis koefisien determinasi. Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan ditunjukkan pada nilai koefisien regresi sebesar 0,808. Dari hasil analisis koefisien determinasi (R2) diketahui besarnya R2 adalah 0,652 yang berarti variasi kualitas layanan mampu menjelaskan variasi kepuasan pelanggan kedai makanan Jepang Moshi Moshi di Surabaya sebesar 65,2 %. Sedangkan sisanya sebesar 34,8 % dijelaskan oleh variabel lain yang tidak teramati. Dari hasil pengujian hipotesis melalui uji t diketahui nilai signifikan sebesar 0,000 dimana nilai signifikan jauh lebih kecil dari tingkat signifikasi sebesar 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima pada tingkat signifikansi 5%.
Downloads
References
Dutka, Alan, 1994, AMA Hand book for Customer Satisfaction : A Complete Guidance to Research, Planning, and Implementation, NTC Business Books, Lincolnwood, Illinois.
Kotler, Philip, and Keller, Kevin Lane, 2012, Marketing Management, Fourteenth Edition, Pearson Education, Inc., Eidenburgh Gate, Harlow Kotler, Philip, and Gary Armstrong, 2010, Principles of Marketing, Thirteenth
Edition, Pearson Education, Inc., Upper Saddle River, New Jersey.
Noorhansyah, Muhammad, 2006, Pengaruh kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, JABM Volume 13, Nomor 2.
Zeithaml, Valerie A., A. Parasuraman, and Leonard, L. Berry, 1990, Delivering Quality Service: Balancing Customer Perception and Expectation, International Edition, The Free Pass, New York.
Zeithaml, Valerie A., Bitner, Mary Jo, 1996, Service Marketing, International Edition, McGraw-Hill Inc.
Zeithaml, Valerie A., Bitner, Mary Jo, 2003, Service Marketing: Integrating Customer Focus Across The Firm, International Edition, third Edition, McGraw-Hill Inc.
http://idwirausaha.com/sukses-wirausaha-ukm-usaha-kecil-menengah-untuknegeri (diunduh 28 September 2012)
BPS Kota Surabaya, 2012 (diunduh 26 September 2012)
http://www.dskon.com/masakan-khas-Jepang (diunduh 28 September 2012)
www.japan-guide.com (diunduh 28 september 2012)
http://www.ebsfm.com/artikel.php?rubikID=6&artID=431 (diunduh 28 September 2012)
wikipedia.com
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.