PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN KEDAI MASAKAN JEPANG MOSHI MOSHI DI SURABAYA

  • Achmad Anugrah Jurusan Manajemen Pemasaran Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 143 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 96 times
Keywords: kualitas layanan, kepuasan pelanggan, kedai masakan Jepang

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan pada kedai makanan Jepang Moshi Moshi di Surabaya. Responden yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 orang responden yang membeli dan menikmati makanan dan minuman di kedai makanan Jepang Moshi Moshi di Surabaya dengan karakteristik minimal berkunjung tiga kali dalam 6 bulan terakhir, responden dengan pendidikan minimum SMA atau sederajat yang pernah membeli dan menikmati makanan dan minuman di kedai makanan Jepang di Surabaya selain di kedai Moshi Moshi dalam 6 bulan terakhir. Pernah membeli dan menikmati menu andalan antara lain katsu curry, moshi-moshi sushi roll atau shoyu ramen. Dan bertempat tinggal di Surabaya. Metode pengolahan data yang digunakan adalah analisis Linier sederhana dan analisis koefisien determinasi. Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan ditunjukkan pada nilai koefisien regresi sebesar 0,808. Dari hasil analisis koefisien determinasi (R2) diketahui besarnya R2 adalah 0,652 yang berarti variasi kualitas layanan mampu menjelaskan variasi kepuasan pelanggan kedai makanan Jepang Moshi Moshi di Surabaya sebesar 65,2 %. Sedangkan sisanya sebesar 34,8 % dijelaskan oleh variabel lain yang tidak teramati. Dari hasil pengujian hipotesis melalui uji t diketahui nilai signifikan sebesar 0,000 dimana nilai signifikan jauh lebih kecil dari tingkat signifikasi sebesar 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima pada tingkat signifikansi 5%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Blumberg, Donald F., 1991, Managing Service as a Strategic Profit Center, McGraw-Hill Inc., New York.

Dutka, Alan, 1994, AMA Hand book for Customer Satisfaction : A Complete Guidance to Research, Planning, and Implementation, NTC Business Books, Lincolnwood, Illinois.

Kotler, Philip, and Keller, Kevin Lane, 2012, Marketing Management, Fourteenth Edition, Pearson Education, Inc., Eidenburgh Gate, Harlow Kotler, Philip, and Gary Armstrong, 2010, Principles of Marketing, Thirteenth
Edition, Pearson Education, Inc., Upper Saddle River, New Jersey.

Noorhansyah, Muhammad, 2006, Pengaruh kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, JABM Volume 13, Nomor 2.

Zeithaml, Valerie A., A. Parasuraman, and Leonard, L. Berry, 1990, Delivering Quality Service: Balancing Customer Perception and Expectation, International Edition, The Free Pass, New York.

Zeithaml, Valerie A., Bitner, Mary Jo, 1996, Service Marketing, International Edition, McGraw-Hill Inc.

Zeithaml, Valerie A., Bitner, Mary Jo, 2003, Service Marketing: Integrating Customer Focus Across The Firm, International Edition, third Edition, McGraw-Hill Inc.

http://idwirausaha.com/sukses-wirausaha-ukm-usaha-kecil-menengah-untuknegeri (diunduh 28 September 2012)

BPS Kota Surabaya, 2012 (diunduh 26 September 2012)

http://www.dskon.com/masakan-khas-Jepang (diunduh 28 September 2012)

www.japan-guide.com (diunduh 28 september 2012)

http://www.ebsfm.com/artikel.php?rubikID=6&artID=431 (diunduh 28 September 2012)

wikipedia.com
Published
2013-09-20