PENGARUH EKUITAS MEREK, SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN STARBUCKS COFFEE DI SURABAYA

  • I Ketut Purnayasa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Surabaya, Raya Kalirungkut, Surabaya 60293
  • Made Siti Sundari Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Surabaya, Raya Kalirungkut, Surabaya 60293
  • Olivia Tanaya Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Surabaya, Raya Kalirungkut, Surabaya 60293
Abstract Views: 32 times
PDF Downloads: 42 times
Keywords: brand equity, service quality, purchase decision, ekuitas merek, service quality, keputusan pembelian

Abstract

AbstractThis study aims to determine the effect of Brand Equity, Service Quality on Purchase Decisions of Starbucks Coffee in Surabaya. The method used is quantitative, while the tool used in this study is multiple linear regression analysis. Based on the results of multiple linear regression analysis on brand equity and Service Quality, there is a significant and positive influence on the purchasing decision of Starbucks Coffee in Surabaya because the better the brand equity and Service Quality given, the higher the interest in purchasing decisions is made.

Keywords: brand equity, service quality, purchase decision

 

Abstrak—Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Ekuitas Merek, Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Starbucks Coffee Di Surabaya. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif sedangkan alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda terhadap ekuitas merek dan Service Quality terdapat pengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian Starbucks Coffee di Surabaya dikarenakan dengan semakin baik ekuitas merek dan Service Quality yang diberikan maka semakin tinggi minat keputusan pembelian yang dilakukan.

Kata kunci: ekuitas merek, service quality, keputusan pembelian

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aaker, A. D. (2018). Manajemen Ekuitas Merek (1st ed.). Jakarta: Mitra Utama. Aaker, david, a. 2012. Manajemen ekuitas merek: memanfaatkan nilai dari suatu merek. Jakarta: mitra utama.

Adriana, Dwi Anggun. 2017. Perbandingan Penilaian Konsumen Terhadap Ekuitas Merek Coffee Shop Di Bandar Lampung (Studi Pada 5 Coffee Shop Di Bandar Lampung). Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung.

Adriany, V. 2018. Pengaruh Ekuitas Merek, Kualitas Pelayanan dan Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Jasa Go‐Jek Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Karyawan Berkantor di Wilayah Jl. TB Simatupang. Commerce Jurnal Ilmiah, 6(1), 63‐82.

Aga, M. and Safakli, O.V. (2007), “An empirical investigation of service quality and customer satisfaction in professional accounting firms: evidence from North Cyprus”, Problems and Perspectives in Management, Vol. 5 No. 3, pp. 84‐98.

Aga, Mehmed dan Safakli, Okan Veli. 2007. An Empirial Investigation of Service Quality and Customer Satisfaction in Profesional Accounting Firms: Evidence from North Cyprus. Problems and Perspective in Management, Vol.5 No.3, Hal: 84–98.

Agustini, N. P. E., & Suasana, I. G. A. K. G. 2020. Pengaruh Ekuitas Merek, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Gerai Starbucks Di Bali. Buletin Studi Ekonomi. Vol, 25(1).

Aldy Rochmat, Purnomo. 2016. Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis dengan SPSS. Yogyakarta:Fadilatama.

Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Assauri, Sofjan. 2010. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep & Strategi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Augusty Ferdinand 2006 , Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/08/26/

Databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/11/24/

Djatikusuma, Edin dan Wanda Getrycia. 2014. Analisis Faktor‐ Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk MinumanBerisotonik Pocari Sweat. Jurnal STIE MDP Business School, (4)1,1‐17.

Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra. 2012. Service, Quality Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset.

Firdaus, Tidar Rabbani. 2015. Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Di Warung Kopi Cak Wang Jember). Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Jansen, F. Y., Worang, F. G., & Arie, F. V. 2022. Pengaruh Ekuitas Merek, Citra Merek, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Smartphone Samsung pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsrat 2019‐2020. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(1), 279‐288.

Kartajaya, H. 2010. Brand Operation, The Official MIM ( Markplus Institute of Marketing) Academy coursebook. Jakarta: Esensi Erlangga.

Kotler, Philip , dan Keller, Kevin Lane 2012. Marketing Management. 14th Edition. New Jersey: Pearson Education, Inc., Prentice Hall.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2014. Principles of Marketing. 12 th Edition, Jilid 1 Terjemahan oleh Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2016.Prinsip‐prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane, Keller. 2011. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1 dan 2, Terjemahan oleh Bob Sabran.Jakarta: Erlangga.

Kotler,Keller,(2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kusmayadi, T. 2012. Sistem Penyampaian Jasa (Service Delivery) Sebagai Salah Satu Faktor Pembetuk Citra Perusahaan atau Organisasi. Jurnal Manajemen & Akuntansi,4(1).

Lovelock, Christopher & Wirtz Jochen. 2007. Service Marketing, (Edisi Enam), Pearson Prentice Hall. United States of America.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Edisi 3.Jakarta: Salemba Empat.

Nursanti, Ony Novita.,2017. Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Paket Internet 3 (Tri). Jurnal Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Prayogo, K. D., & Sari, H. M. K. 2022. The Influence of Brand Equity, Price and Service Quality on Vapor Product Purchase Decisions. Indonesian Journal of Law and Economics Review, 16, 10‐21070.

Purnomo. (2016). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis dengan SPSS. Yogyakarta: Fadilatama

Putra, Rendy Pratama. (2014). Analisis Penilaian Konsumen Untuk Mengukur Ekuitas Merek pada Pengunjung Starbucks Coffee, Excelso Coffee, dan Ngopi Doeloe Di Kota Bandung. Jurnal Institut Manajemen Telkom Bandung, pp.1‐20

Rahayu, E. 2018. Pengaruh Lokasi, Kelengkapan Produk, dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Imam Market Kisaran. Journal Of Science And Social Research, 1(1), 7‐12.

Rangkuti, Freddy. 2002. Measuring Customer Satisfaction. Teknik Mengukur Kepuasan Strategi Meninghkatkan Kerpuasan Konsumen dan Analisis PL‐JP. PT Gramedia Pustaka Tama: Jakarta

Rangkuti, Freddy. 2014. Measuring Customer Satisfaction. cetakan kedua. Jakarta: Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.

Risnawati, R. dan Ghufron, M.N. 2010. Teori‐Teori Psikologi. Yogyakarta: ArRuzz Media Group. Sara, F. M., Ningsih, C., dan Andari, R. 2017. Pengaruh Physical Evidence terhadap Keputusan

Pembelian Konsumen di Café Infinito Culinery Bandung. The Journal Gastronomy Tourism, 3(2), 6‐18.

Schiffman, & Kanuk, L. (2015). Perilaku Konsumen (7th ed.). Jakarta: PT. Indeks Gramedia.

Schiffman, L. G., dan Wisenblit, J. L. 2015. Consumer Behavior (Eleventh). England: Pearson. Sejati, B. S. A., dan Yahya, Y. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Starbucks. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 5(3).

Sekaran, U. (2003). Research Methods For Bussiness A Skill‐Building Approach Fourth Edition. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Setiadi, N. J. 2015. Perilaku Konsumen Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Prenamedia Group.

Starbucks.com

Sudaryanto, S., Hanim, A., danUtari, W. 2020. Behaviour on Repurchase Intention in a Moslem Ethnic Store in Indonesia. International Journal of Innovation, Creativity and Change Vol 13(12).

Sugiarto, M. 2017. Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Suharyani, Komang. 2015. Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Teh Botol Sosro Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Undiksha 2015. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (JJPE) Volume: 5 Nomor: 1, pp. 1‐13

Sumarwan, Ujang. 2015. Pemasaran Strategik:Prespektif Perilaku Konsumendan Marketing Plan. Jakarta: PT.Ghalia Indonesia.

Sundari, M. S. 2011. Analisis Hubungan Promosi Penjualan, Citra Merek, Pengetahuan Merek Untuk Menciptakan Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Wisatawan. Prosiding Trend Penelitian Administrasi Bisnis & Manajemen, 53‐61.

Tjiptono, F. (2012). Perspektif Manajemen dan Pemasaran Kontemporer. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. 2014.Pemasaran Jasa‐Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Wahyuni, S., & Praninta, A. 2021. The Influence Of Brand Equity And Service Quality On Purchase Decisions On Garuda Indonesia Airline Services. Research Horizon, 1(1), 28‐38.

Zeithaml,V,A & Bitner, M,J & Gremler, D, D. 2009. Service Marketing (Edisi Lima). M

Published
2024-05-31