STUDI DESKRIPTIF MANAJEMEN KUALITAS DENGAN METODE 5S DI GUDANG HYPERMARKET X SURABAYA

  • Henry Kurniawan S Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 431 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 1128 times
Keywords: metode 5S, Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke

Abstract

Hypermarket X merupakan salah satu perusahaan retail terbesar yang berada di Indonesia. Dalam menjalankan bisnisnya, perusahaan retail selalu berupaya untuk mengatur dan mengelola manajemen gudang dengan sebaik mungkin supaya perusahaan dapat mampu bertahan dan bersaing dengan peretail yang lain. Supaya pengelolaan gudang dapat berjalan dengan baik, maka Hypermarket X menerapkan metode 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke). Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metode 5S yang diterapkan pada gudang Hypermarket X. Penelitian ini adalah berjenis deskriptif murni karena dalam penelitian ini tidak dilakukan perancangan atau penerapan pada perusahaan. Variabel yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke). Sumber data yang digunakan untuk mengumpulkan data pada skripsi ini melalui observasi dan wawancara kepada pihak Hypermarket X. Analisis yang dilakukan pada gudang Hypermarket X berdasarkan aktivitas Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pada gudang groceries dan elektronik metode 5S belum sepenuhnya berjalan dengan baik. Masih dijumpai aktivitas-aktivitas 5S yang tidak sesuai dengan seharusnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Jahja, Kristianto, 1995, 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) Dasar Membangun Industri Kelas Dunia, Penerbit PQM, Jakarta.

Osada, Takasi. Sikap Kerja 5S, PPM, Jakarta, 2004.

Warman, John, 1981, Manajemen Pergudangan, Edisi Pertama, Penerbit LPPM, Jakarta.

http://www.globalmedia-online.com/2011/12/industri-toko-retail-modernterus.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Supermarket

http://library.binus.ac.id/eColls/eThesis/Bab1/BAB%201_05.pdf

http://library.binus.ac.id/eColls/eThesis/Bab2/2012-1-00516-mnti%20bab%202.pdf

http://inibuku.wordpress.com/2008/04/15/hypermarket-vs-minimarket/

http://agungpia.multiply.com/journal/item/42?&show_interstitial=1&u=%2Fjournal%2Fitem

http://www.legal4ukm.com/prosedur-perizinan-usaha-retail/

http://www.hukumonline.com

http://www.ump.edu.my/amalan5S

http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/TEKNIK%20DAN%20MANAJAMEN
%20PERGUDANGAN.pdf

http://repository.widyatama.ac.id:8080/xmlui/bitstream/handle/10364/815/content%201.pdf?sequence=1

http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/28716/4/Chapter%20II.pdf

http://www.jtanzilco.com

http://www.damandiri.or.id/file/setiawanwicaksonounbrawbab2.pdf

http://eprints.uns.ac.id/3913/1/166600209201009431.pdf

http://tips-trik-cara-untuk.blogspot.com/2009/09/sistem-manajemen-kualitas-qmsdefinisi.html
Published
2013-09-20