STUDI DESKRIPTIF MANAJEMEN KUALITAS DENGAN METODE 5S DI GUDANG HYPERMARKET X SURABAYA
Abstract
Hypermarket X merupakan salah satu perusahaan retail terbesar yang berada di Indonesia. Dalam menjalankan bisnisnya, perusahaan retail selalu berupaya untuk mengatur dan mengelola manajemen gudang dengan sebaik mungkin supaya perusahaan dapat mampu bertahan dan bersaing dengan peretail yang lain. Supaya pengelolaan gudang dapat berjalan dengan baik, maka Hypermarket X menerapkan metode 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke). Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metode 5S yang diterapkan pada gudang Hypermarket X. Penelitian ini adalah berjenis deskriptif murni karena dalam penelitian ini tidak dilakukan perancangan atau penerapan pada perusahaan. Variabel yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke). Sumber data yang digunakan untuk mengumpulkan data pada skripsi ini melalui observasi dan wawancara kepada pihak Hypermarket X. Analisis yang dilakukan pada gudang Hypermarket X berdasarkan aktivitas Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pada gudang groceries dan elektronik metode 5S belum sepenuhnya berjalan dengan baik. Masih dijumpai aktivitas-aktivitas 5S yang tidak sesuai dengan seharusnya.
Downloads
References
Osada, Takasi. Sikap Kerja 5S, PPM, Jakarta, 2004.
Warman, John, 1981, Manajemen Pergudangan, Edisi Pertama, Penerbit LPPM, Jakarta.
http://www.globalmedia-online.com/2011/12/industri-toko-retail-modernterus.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Supermarket
http://library.binus.ac.id/eColls/eThesis/Bab1/BAB%201_05.pdf
http://library.binus.ac.id/eColls/eThesis/Bab2/2012-1-00516-mnti%20bab%202.pdf
http://inibuku.wordpress.com/2008/04/15/hypermarket-vs-minimarket/
http://agungpia.multiply.com/journal/item/42?&show_interstitial=1&u=%2Fjournal%2Fitem
http://www.legal4ukm.com/prosedur-perizinan-usaha-retail/
http://www.hukumonline.com
http://www.ump.edu.my/amalan5S
http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/TEKNIK%20DAN%20MANAJAMEN
%20PERGUDANGAN.pdf
http://repository.widyatama.ac.id:8080/xmlui/bitstream/handle/10364/815/content%201.pdf?sequence=1
http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/28716/4/Chapter%20II.pdf
http://www.jtanzilco.com
http://www.damandiri.or.id/file/setiawanwicaksonounbrawbab2.pdf
http://eprints.uns.ac.id/3913/1/166600209201009431.pdf
http://tips-trik-cara-untuk.blogspot.com/2009/09/sistem-manajemen-kualitas-qmsdefinisi.html
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.