IMPLEMENTASI PERENCANAAN KAPASITAS PRODUKSI PROSES FINAL ASSEMBLY JENIS REKONDISI DAN PREVENTIVE MAINTENANCE PT MULYA JATRA SIDOARJO

  • Tiara May Safitri Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 521 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 821 times
Keywords: Perencanaan kapasitas, pengukuran standar waktu, rekondisi dan preventive maintenance, jumlah tenaga kerja

Abstract

Perencanaan kapasitas berhubungan dengan kemampuan perusahaan untuk menghasilkan produk dalam memenuhi demand dari pelanggan. Beberapa pertimbangan yang harus dipertimbangkan agar dapa memenuhi demand konsumennya adalah pengukuran standart waktu kerja yang juga memperhitungkan performance rating dan allowance time setiap pekerja. allowance time digunakan untuk memberikan fleksibilitas dalam menghadapi kondisi – kondisi seperti kebutuhan personal yang bersifat pribadi, dan faktor kelelahan. Untuk memenuhi lonjakan permintaan perbaikan trafo, PT Mulya Jatra pada proses produksi khususnya final assembly baik pada jenis rekondisi maupun preventive maintenance maka dibutuhkan perencanaan kapasitas produksi. Perhitungan kapasitas waktu yang efektif dimulai dengan menentukan waktu siklus, waktu normal dan waktu baku terlebih dahulu. Waktu baku merupakan waktu yang dibutuhkan oleh seorang pekerja yang memiliki tingkat kemampuan rata – rata untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Waktu baku kemudian dapat digunakan sebagai alat untuk membuat rencana penjadwalan kerja yang menyatakan lamanya suatu kegiatan tersebut harus berlangsung dan jumlah output yang akan dihasilkan serta jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Perencanaan ini diharapkan dapat membantu perusahaan untuk memenuhi lonjakan demand untuk perbaikan trafo pada PT Mulya Jatra.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barnes, Ralph M.,1980, Motion and The Time Study Design and Measurement of Work,Seventh edition, New York : John Wiley an Sons.

Black Stone, John H, 1989, Capacity Management, Cincinati-Ohio : South Western Publishing Co.

Caroline, 2010, Penerapan Metode Perencanaan Kapasitas Produksi Pada Perusahaan Garmen PT. Ayong tanjung di Malang.

Hall R. W.,1987, Attaining Manufacturing Excellence, England : DowJons Irwin-HomeWood.

Marwansyah, 2010, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua, Bandung : Alfabeta.

Pusfita rini, 2011, Perencanaan Kapasitas Produksi Proses Washing di section Part Kitting Preparation PT. Komatsu Remanufacturing Asia Balikpapan.

Schroeder, Roger G.,1994, Manajemen Operasi : Pengambilan keputusan Dalam Suatu Fungsi Operasi, Jilid I, Edisi Ketiga,Jakarta :Erlangga.

Wignjosoebroto, Sritomo., 2003, Ergonomic,Studi Gerak dan Waktu, Edisi Pertama Cetakan Ketiga, Surabaya : Guna Widya

http://www.djlpe.esdm.go.id/modules.php?mod=6&sub=1030 (diunduh pada tanggal 12 juli 2012)

http://www.imaapi.com/index.php?option=com_content&view=article&id=176:indonesia-kuasai-sumber-energi&catid=47:media-news&Itemid=98 (diunduh pada tanggal 12 juli 2012)

http://www.setkab.go.id/pro-rakyat-1373-kondisi-kelistrikan-jawa-timur.html (diunduh pada tanggal 20 juni 2012)

http://gilangmanyun.wordpress.com/2010/10/13/spesifikasi-gardu-induk/ (diunduh pada tanggal 20 juni 2012)

http://www.datacon.co.id/Listrik-2011Industri.html (diunduh pada tanggal 20 juni 2012)

http://pln-jatim.co.id (diunduh pada tanggal 20 juni 2012)

http://kontens-listrik.blogspot.com
Published
2013-09-20