PERBEDAAN KUALITAS LAYANAN PUSKESMAS KELURAHAN SUKORAME KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI BERDASAR SISTEM PEMBAYARAN DITINJAU DARI PERSEPSI KONSUMEN

  • Suciati Puspa Putri Mega Wulandari Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 330 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 353 times
Keywords: service quality

Abstract

Puskesmas sebagai badan yang bergerak dibidang jasa seharusnya memberikan layanan kesehatan yang sama. Beberapa penelitian mengemukakan bahwa sistem pembayaran yang berbeda menyebabkan persepsi yang berbeda pula terhadap kualitas layanan (service quality) yang diberikan oleh sebuah puskesmas. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat perbedaan kualitas layanan di Puskesmas Kelurahan Sukorame Kecamatan Mojoroto Kota Kediri berdasar sistem pembayaran yang digunakan. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebesar 90 orang pasien rawat jalan dari 30 responden pengguna sistem pembayaran langsung, 30 responden pengguna sistem pembayaran ASKES, dan 30 responden pengguna sistem pembayaran JAMKESMAS. Metode pengolahan data yang disertakan adalah deviasi standar, mean, dan koefisien variasi. Uji hipotesis, menggunakan one way anova dan post hoc test SPSS release 18.0.1-16 Hasil penelitian menunjukan bahwa, ada perbedaan kualitas layanan yang diberikan oleh Puskesmas Kelurahan Sukorame Kecamatan Mojoroto Kota Kediri terhadap pasien berdasarkan sistem pembayaran yang digunakan. Pengguna sistem pembayaran langsung mempersepsikan kualitas layanan lebih baik dibandingkan pengguna sistem pembayaran ASKES dan JAMKESMAS. Pengguna sistem pembayaran ASKES, mendapatkan kualitas layanan yang lebih baik dibandingkan pengguna JAMKESMAS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Askes PT, 2002, Pedoman bagi peserta Askes sosial, Jakarta : PT. (Persero) Asuransi Kesehatan Indonesia

Azwar A, 1998, Pengantar pelayanan dokter keluarga, Jakarta : Yayasan Penerbitan Ikatan Dokter Indonesia.

Budi, Harnanto Sulistyo, 2010 “Hubungan Antara Sistem Pembayaran Asuransi Dengan Kualitas Pelayanan Di Puskesmas Slogohimo Wonogiri”, UNSAMA Pres, Surakarta.

Irianto. Agus, 2009 “Statistik: Konsep Dasar dan Aplikasinya”, Kencana, Jakarta.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller, Amstrong, 2012, Marketing Management, 12th Edition.

Nur, Agus Waluyo, 2007, “Sistem Pembiayaan Leasing di Perbankan Syariah”, Jurnal Ekonomi Islam, vol.1 No.2.

Parasuraman, A., Zeithhaml, V.A. and Berry, L.L., Servqual: A multiple item scale for measuring consumer perceptions of service quality, journal of retailing, Vol. 64 (spring 1988), pp. 12- 40, (1998)

Tjiptono F, 2001, Manajemen jasa, Jogyakarta : Andi Offset.

Sohail, M. Sadiq, 2003, Managing Service Quality ”Service Quality in Hospital: more favourable than you might think”, Jurnal Manajemen Kualitas Layanan, vol.13 No.3 : 197-206.

Undang-Undang Hukum Dagang (Wetboek van Koophandel voor Indonesie) Staadblad 1847-23 (2000, p.205)

Utama. Agung, & Kaiser, 2009, Bunga Rampai Hukum Kesehatan, Gadjahmada Pres, Jogjakarta

Walpole, R.E. & Myers, R.H.,1990, “Probability and Statistics for Engineers and Scientists”, MacMillan Publishing Company, New York.

http://jogja.tribunnews.com/2012/02/28/pasien -jamkesmas-ditolak-rumahsakit. diunduh Selasa, 28 Februari 2012, 20:55WIB.

http://suarakawan.com/02/05/2012/pasien-jamkesmas-ditolak-komisi-eanggap-rs-overload/. Diunduh 02 may 2012,17:25WIB politik&pemerintahan provinsi.

http://www.vsrdjournals.com/MBA/Issue/2011_8_August/2_Sanjeev_Kr_Singh_ResearhArticle_Aug_2011.pdf. Diunduh 09 juli 2013, 22:10 WIB
Published
2013-09-20