STUDI EKSPLORATORI PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG ANDROID DI SURABAYA

  • The Wendy Jurusan Manajemen Pemasaran Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 83 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 63 times
Keywords: Pengambilan keputusan, Pengenalan kebutuhan, Pencarian informasi, Evaluasi alternatif, Keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menggali lebih dalam proses pengambilan keputusan informan dalam membeli Smartphone Samsung Android di Surabaya. Dalam penelitian ini, sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari wawancara secara mendalam (depth interview) dengan tujuh informan yang telah dipilih sesuai dengan karakteristik yang telah ditetapkan, menggunakan cara snowball sampling dari teknik nonprobability sampling. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan open coding, axial coding, dan selective coding. Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengenalan kebutuhan dimana pada awalnya informan menyadari adanya kebutuhan yang pada akhirnya mendorong informan untuk melakukan pembelian Smartphone Samsung Android guna memenuhi kebutuhan mereka, antara lain : kebutuhan kerja untuk mengirim email, dorongan dari teman, chatting. Dalam pencarian informasi melalui internet, bertanya pada teman dan majalah gadget. evaluasi alternatif yaitu melakukan perbandingan dari berbagai tipe mulai dari fitur, model, harga, dan spesifikasi. Untuk keputusan pembelian informan melakukan pembelian pada berbagai toko di Apollo Plaza Marina, Peace Cell, Modern Cell, Erafone Galaxy Mall, Samsung Experiental Shop, dan Cycber Cell WTC dengan pertimbangan mendapat harga lebih murah, dan perilaku pasca pembelian yang dirasakan adalah puas setelah menggunakan Smartphone Samsung Android.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arnould, Proce, dan Zinkhan, Consumers, 2nd Edition, International Inc.

Keller, Kevin Lane dan Philip Kotler, Marketing Management, Pearson International Edition, Twelfth Edition, Upper Saddle River, New Jersey,2006

Kotler, P., dan Gary Armstrong, 2001, Principles of Marketing, 9th Edition, Prentice Hall International Inc., Upper Saddler River, New Jersey

Schiffman, Leon G dan Leslie Lazar Kanuk, Consumer Behavior, Pearson Education Inc, Ninth Edition, Upper Saddler River, New Jersey, 2007

http://id.answers.yahoo.com/question/index?=20080312192820AAemPOk diunduh pada 23 April 2013

http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/Sistem_operasi diunduh 23 April 2013

http://portal.paseban.com/article/8911/pengertian-sistem-operasismartphone-populer diunduh 23 April 2013

http://www.teknologiz.com/2012/11/sejarah-android-jenis-dan-versiandroid.html#.UWPYQqI6Jrx diunduh 23 April 2013

http://inet.detik.com/read/2012/08/03/145912/1982588/317/android-kuasai-68-pasar-smartphone-dunia diunduh 24 April 2013

http://the-marketeers.com/archives/pangsa-pasar-samsung-android-tumbuh-46-di-tahun-2012.html diunduh 25 April 2013

http://the-marketeers.com/archives/samsung-merek-paling-bernilai-diasia. html diunduh 25 April 2013 diunduh 25 April 2013
Published
2013-09-20