RANCANGAN 5S PADA GUDANG MINYAK GORENG DISTIBUTOR PT. GADING PURI PERKASA

  • Purba Wisesa Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 778 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 1625 times
Keywords: 5S, Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat rancangan 5S pada manajemen pergudangan di PT. Gading Puri Perkasa yang merupakan distributor consumer goods yang mensupply untuk market di Jawa Timur. Dalam mengatur pergudangannya PT. Gading Puri Perkasa menggunakan cara yang sederhana, yang kurang tepat sehingga timbul beberapa kendala seperti kesulitan dalam mencari peralatan dan jenis produk, tidak lancarnya lalu lintas didalam gudang, cideranya pekerja karena tumpukan barang yang melebihi batas, rusaknya kemasan produk, dan sebagainya. Cara untuk menyelesaikan kendala yang ada dengan merancangkan sikap kerja 5S pada manajemen pergudangan di PT. Gading Puri Perkasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengunakan metode 5S. Dimana sebelum merancangkan 5S dilakukan audit terlebih dahulu untuk mengetahui kekurangan yang ada sehingga rancangan 5S ini mampu menjawab kekurangan yang ada pada PT. Gading Puri Perkasa. Tahap seiri (pemilahan) dirancangkan dengan cara memilah antara peralatan yang dipakai dan tidak terpakai dengan jelas melalui stratifikasi. Tahap seiton (penataan) dirancangkan dengan menata peralatan dan layout. Tahap seiso (pembersihan) dirancangkan dengan pembersihan besar, mengidentifikasi hal – hal atau aktivitas apa saja yang menghasilkan kotoran dan menambah peralatan kebersihan. Tahap seiketsu (pemantapan) dirancangkan dengan memberikan kontrol visual untuk tempat parkir, tanda dilarang merokok, alur dan jalur, pelabelan. Tahap shitsuke (pembiasaan) dirancangkan dengan penyuluhan 5S dan kompetisi 5S. Dari rancangan ini maka manfaat secara keseluruhan yang akan didapatkan oleh PT. Gading Puri Perkasa adalah meningkatkan produktifitas kerja, efisiensi waktu, meningkatkan profit, keselamatan dan kesehatan pekerja dan mendapatkan kepercayaan dari konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apple, James M, TATA LETAK PABRIK DAN PEMINDAHAN BAHAN, ITB, Bandung, 1990.

Gaap,R., F.Ron dan K.Kaoru, 2008, Implementing 5S Within a Japanese Context: An Integrated Management System, Journal of Management Decision, Vol.46:565-579

Hadiguna, Rika Ampuh dan Heri Setiawan, TATA LETAK PABRIK, Andi, 2008.

Heragu, Hundersh, FACILITIES DESIGN, Pws Publishing Company, 20 Park plaza, Boston, 1997.

Moriones, A.B., Pintado A.B. dan J.M. Cerio, 2010, 5S Use in Manufacturing Plants: Contextual Factors and Impact An Operating Performance, International Journal of Quality & Reliability Management, Vol.27:217-230.

Noviyarsi, 2007, Implementasi Metode 5S Pada Lean Six Sigma Dalam Proses Pembuatan Mur Baut Versing, Jurnal Teknik Industri, Vol.9:63-74.

Osada, Takashi, SIKAP KERJA 5S, PPM, Jakarta 1995.

Tompkins, James A., et al., FACILITIES PLANNING, John willey and sons, Inc, New York, 1996.

Warman, John, MANAJEMEN PERGUDANGAN, Pustaka Sinar harapan, Jakarta, 2004.

Wignjosoebroto, Sritomo, TATA LETAK PABRIK DAN PEMINDAHAN BAHAN, Edisi Ketiga, Guna Widjaya, 2003.

http://supplychain.ittoolbox.com/topics/waremgmt diunduh tanggal 5 April 2013

http://agungpia.multiply.com/journal/item/42/Strategi_Tata_Letak_-_Manajemen_Operasi diunduh tanggal 5 April 2013

http://www.gemba.com/uploadedFiles/5sworkplaceorg(1).pdf. diunduh tanggal 2 April 2013
http://www.frontier.co.id/top-brand-dalam-pasar-komoditi-bermerek.html diunduh tanggal 15 April 2013

http://www.docstoc.com/docs/47715976/5R---Rinkas-Rapi-Resik-Rawat-Rajin diunduh tanggal 18 April 2013
Published
2013-09-20