STUDI DESKRIPSI PERSEPSI KUALITAS LAYANAN PO EKA CEPAT BERDASARKAN TRANSIT SERVICE QUALITY MENURUT KONSUMEN
Abstract
PO Eka Cepat merupakan Bis Patas Eksekutif yang melayani rute Surabaya-Solo-Yogyakarta. Dengan keberangkatan 24 jam tiap 30 menit dan dapat memesan tiket H-30 keberangkatan. Namun disisi lain, PO Eka Cepat menghadapi persaingan yang begitu ketat sehingga perlu dilakukan evaluasi mengenai kualitas layanan PO Eka Cepat. Hasil Sigi Awal terhadap layanan PO Eka Cepat menunjukkan adanya kecenderungan responden menilai baik terhadap kualitas layanan PO Eka Cepat. Berdasarkan pada perumusan masalah penelitian, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi konsumen PO Eka Cepat berdasarkan transit service quality. Penelitian ini adalah berjenis riset deskriptif karena dalam penelitian ini tidak memuat tentang pernyataan menerima atau menolak hipotesis penelitian. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah transit service quality. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer yang diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner yang memperoleh data mengenai penilaian atas transit service quality PO Eka Cepat. Secara keseluruhan, persepsi responden terhadap transit service quality PO Eka Cepat adalah positif. Customer Care adalah dimensi yang dipersepsikan paling positif karena dengan nilai rata-rata tertinggi diantara dimensi transit service quality lainnya. Sedangkan dimensi transit service quality dengan penilaian terendah adalah enviromental impacts.
Downloads
References
Govender, J, P. dan Pan, Q, 2011 Enhancement of Service Quality in the Intercity Bus Transport Industry. Journal of Bus Transport,
Department of Marketing, Durban University of Technology.
Kotler P, 2007 Manajemen Pemasaran, edisi 12, Penerbit Indeks.
Lovelock, C. Dan Wright, L.K, 2005, Manajemen Pemasaran Jasa, Penerbit Indeks.
Miro F, 2012, Pengantar Sistem Transportasi, Penerbit Erlangga.
Tjiptono, 1995, Strategi Pemasaran, Penerbit Andi Offset.
Tjiptono, 2000, Perspekstif Manajemen Pemasaran Kontemporer, Penerbit Andi Yogyakarta.
Zeithaml, V.A., dan M.J Bitner 1996, Service Marketing Penerbit McGraw-Hill Companies, Inc.
http://dispendukcapil.surabaya.go.id/artikel/66-mobilitas-pendudukmengakselerasi-perkembangan-lahan-perkotaan (diunduh Februari 2013)
http://ekamirabus.com/index.php/profil/sejarah (diunduh Maret 2013)
http://id.wikipedia.org/wiki/Bus (diunduh Februari 2013)
http://id.wikipedia.org/wiki/Transportasi_darat (diunduh Februari 2013)
http://purabayabusterminal.wordpress.com/profil/ (diunduh Maret 2013)
http://www.bps.go.id/tab_sub/view.php?tabel=1&daftar=1&id_subyek=17¬ab=12 (diunduh Februari 2013)
http://www.eastjava.com/tourism/surabaya/ina/bus-schedule.html (diunduh Maret 2013)
http://www.pendidikanekonomi.com/2012/05/pengertian-tentang-kualitaspelayanan.html (diunduh Maret 2013)
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.