IMPLEMENTASI PENGENDALIAN KUALITAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE STATISTIK PADA PT DIANTRIJAYA UTAMA MUKTI DI SURABAYA

  • Joseph Christianto Chandra Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 841 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 613 times
Keywords: Kualitas, Pengendalian Kualitas, Metode Statistik

Abstract

PT Diantrijaya Utama Mukti merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Packaging dengan produk utamanya adalah Laminating Woven Bag. Perusahaan ini telah banyak bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan besar seperti PT Cheil Jedang, PT Central Proteinaprima TBK, PT Cargill Indonesia dll. Dalam menjalankan kegiatan produksinya, perusahaan selalu berupaya untuk menghasilkan produk yang baik dan mengurangi kecacatan produk dengan menetapkan batas toleransi kecacatan sebesar 2%. Tetapi pada kenyataan di dalam proses produksi menunjukkan adanya tingkat kecacatan yang melebihi batas toleransi yang telah ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan pengendalian kualitas dengan metode statistik pada proses produksi Laminating Woven Bag tipe SS-02P pada PT Diantrijaya Utama Mukti. Analisis pengendalian kualitas dilakukan menggunakan metode statistic berupa check sheet, histogram, diagram pareto, analisis control chart (p-chart), analisis diagram sebab-akibat dan analisis Failure Mode Effect Analysis (FMEA). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa masih saja terdapat kecacatan pada warna tinta printing buram dan gambar bergerak, laminasi tidak menempel, lem gelembung, pinggiran woven sobek, salah potong dan jahitan terbalik yang melebihi batas toleransi perusahaan. Diagram Pareto diperlukan untuk mengetahui jenis-jenis cacat yang paling sering terjadi di dalam proses produksi yang dilakukan. Diagram sebab-akibat yang menunjukkan akar permasalahan atau sebab dan akibat dari suatu permasalahan yang timbul dari suatu proses produksi. Setelah itu PT Diantrijaya Utama Mukti menggunakan Failure Mode Effect Analysis diperoleh nilai RPN (Risk Priority Number) yaitu nilai yang akan menjadi resiko untuk dipilih menjadi prioritas utama dalam perbaikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariani, Dorothea W., Pengendalian Kualitas Statistik (Pendekatan Kuantitatif Dalam Manajemen Kualitas), Penerbit Andi, Yogyakarta, 2004.

Besterfield, Dale H., Quality Control, 4th Edition, Prentice Hall International., New Jersey, 1994

Crosby, Phillip B. 2003. Quality is Free. Penerbit: Penguin.

Gasperz, Vincent. 1998. Statistical Process Control Penerapan Teknik-Teknik Statistika Dalam Manajemen Bisnis Total. Jakarta. Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama.

Gasperz, Vincent, Metode Analisis Untuk Peningkatan Kualitas, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2005

Gasperz, Vincent. 2005. Total Quality Management. Jakarta. Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Heizer, Jay and Barry Render. 2006. Operations Management (Manajemen Operasi). Jakarta : Salemba Empat.

Ishikawa, Kaoru, Teknik Penuntun Pengendalian Mutu, Edisi Pertama, Penerbit PT Mediyatama Sarana Perkasa, Jakarta, 1989.

Ishikawa, Kaoru, What is Total Quality Control, The Japanese Way, Prentice-Hall, Inc., 1995.

Juran, Joseph. 2005. Total Quality Management Jakarta. Penerbit: Rineka Cipta.

Mitra, Amitava. 1993. Fundamentals of Quality and Improvement. Penerbit Mac Millan.

Mongomery, Douglas C. 2001. Introduction to Statistical Quality Control. 4th Edition. New York : John Wiley & Sons, Inc.

Montgomery, Douglas C. (2009). Statistical Quality Control: A Modern

Introduction 7th Edition. United States : John Wiley and Sons (Asia) Pte.Ltd.

Ramsey, Patricia P. and Levine, David M. 1994 Business for Quality and Productivity Pretices Hall International. Penerbit International Encyclopedia.

Rath & Strong. 2005. Six sigma advance Tools Pocket Guide. Yogyakarta. Penerbit: Andi .

Yamit, Zulian. 2001. Manajemen Kualitas Produk Dan Jasa. Yogyakarta. Penerbit: Ekonisia.
Published
2013-09-20