STUDI DESKRIPTIF CUSTOMER SATISFACTION BERDASARKAN FOODSERVICE EVALUATION FACTORS PADA RESTORAN X.O CHINESE CUISINE SURABAYA
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran Customer Satisfaction berdasarkan Foodservice Evaluation Factors di restoran X.O Chinese Cuisine di Tunjungan Plaza, Surabaya. Target populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen restoran X.O Chinese Cuisine di Tunjungan Plaza, Surabaya yang pernah membeli makanan dan minuman di restoran. Dipilihnya responden tersebut bertujuan agar informasi atau data yang didapat untuk kebutuhan penelitian ini sesuai dengan kenyataan (obyektif). Karakteristik populasinya adalah laki-laki atau perempuan dengan minimal pendidikan SMA, dan pernah mengunjungi restoran X.O Chinese Cuisine di Tunjungan Plaza, Surabaya minimal dua kali dalam tiga bulan terakhir. Aras pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah aras interval. Kuesioner yang dibagikan kepada responden bersifat tertutup (close ended question) yaitu jawaban responden telah dibatasi dengan menyediakan alternative jawaban. Metode pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif, presentasi diagram lingkar, dan tabulasi silang. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa responden merasakan kepuasan terhadap seluruh elemen Customer Satisfaction. Pada dimensi Atmosphere responden merasakan tingkat kepuasan yang tinggi, sedangkan pada dimensi Price and Value responden menyatakan kurang puas.
Downloads
References
Publishing Limited, DOI: 10.1108 /0887 6040610646536.
Kotler, Philip and Gary Armstrong, Principles Of Marketing, Prentice Hall Inc., Englewood Cliffs, Ninth Edition, New Jersey, 2001.
Lovelock, Christopher, Service Marketing People, Technology, Strategy, Prentice Hall Inc, Four Edition, New Jersey, 2001.
Lovelock, Christopher, Principles of Service Marketing and Management, Prentice-Hall Inc., Upper Saddle River, New Jersey 1999.
Sugiarto, Endar, Psikologi Pelayanan Dalam Industri Jasa, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta 1999.
Yuksel, Atila and Yuksel, Fisun, 2002, Measurement of Tourist Satisfaction With Restaurant Services: A Segment-Based Approach. Journal of Vacation Marketing 2003; 9;52, DOI: 10.1177/135676670200900104.
Cita rasa dan manfaat makanan yang dihasilkan dari restoran Chinese Food; http://id.88db.com/id/Knowledge/Knowledge_Detail.page?kid=37502&lang=en-us
Daftar Restoran di Tunjungan Plaza Surabaya; http://tunjunganplaza.com/front/tenant/6
Harian KONTAN pada tanggal 7-11 Maret 2011; http://pembaca.kontan.co.id/survei/read/3ngapain-sih-di-mal
PDRB Jawa Timur triwulan IV-2012; http://jatim.bps.go.id/index.php/pelayanan-statistik/brs-jawa-timur/brs-pdrbjatim/263-pertumbuhan-ekonomi-jawa-timur-tahun-2012-mencapai-727-%
Tjahjono Haryono, Ketua Asosiasi Pengusaha Kafe dan Restoran Indonesia (APKRINDO) Jawa Timur.
http://archive.bisnis.com/articles/bisnis-restoran-di-surabaya-kian-marak
Upah minimum daerah Jawa Timur; http://kedirikab.go.id
X.O Group; http://www.xorestaurants.com//info/1/
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.