STUDI DESKRIPTIF PERILAKU PENONTON PADA EVENT PERTANDINGAN DBL DI SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan perilaku penonton pada event pertandingan DBL di Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah riset deskriptif dengan menggunakan 8 elemen perilaku konsumen yang meliputi : Apa yang dibeli, Siapa yang membeli, Siapa yang mempengaruhi dalam membeli, Mengapa membeli, Dimana membeli, Kapan membeli, Seberapa sering membeli, Apa yang dirasakan setelah pembelian. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 127 responden, dan untuk menjawab masalah penelitian maka metode pengolahan data yang digunakan adalah tabel frekuensi, presentasi diagram batang, dan tabulasi silang. Penelitian ini mendapat temuan bahwa berdasarkan pada jenis kelamin jumlah responden perempuan lebih banyak dari pada jumlah responden laki-laki. Berdasarkan distribusi frekuensi usia dengan jumlah terbanyak usia 15-25 tahun dengan pekerjaan / profesi sebagai pelajar. Jenis tiket yang paling banyak dibeli adalah jenis tiket reguler, pihak yang paling banyak mempengaruhi untuk menonton adalah teman, alasan utama adalah menonton teman / keluarga / sekolah yang bertanding, membeli tiket paling banyak pada loket di DBL, waktu untuk menonton paling banyak adalah saat teman / keluarga / sekolah bertanding dengan frekuensi menonton 3 kali – 5 kali dalam satu tahun. Berdasarkan apa yang dirasakan setelah menonton sebagian besar responden merasa senang dan terhibur setelah menonton event pertandingan DBL di Surabaya.
Downloads
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.