PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN PEER PRESSURE TERHADAP PURCHASE INTENTION COMEDY KOPI SUTOS DI SURABAYA

  • Endra Cahyo P.D. Jurusan Manajemen Pemasaran Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 158 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 222 times
Keywords: Store Atmosphere, Peer Pressure, Purchase Intention

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Store Atmosphere, Peer Pressure terhadap Purchase Intention pada Comedy Kopi Sutos. Responden yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 130 orang responden yang pernah mengunjungi dan membeli produk Comedy Kopi Sutos dalam 1 tahun terakhir, responden dengan pendidikan minimum SMA atau sederajat yang pernah mengunjungi dan membeli produk Comedy Kopi Sutos dalam 1 tahun terakhir minimal 3 kali dan memiliki kelompok. Selain itu berdomisili di Surabaya. Metode pengolahan data yang digunakan adalah analisis Regresi Linier Berganda dan analisis koefisien determinasi, Pengujian hipotesis menggunakan Uji F dan Uji t. Pengaruh Store Atmosphere, Peer Pressure terhadap Purchase Intention ditunjukkan pada nilai koefisien regresi sebesar 0,762. Dari hasil analisis koefisien determinasi (R2) diketahui besarnya R2 adalah 0,581 yang berarti variasi Store Atmosphere, Peer Pressure mampu menjelaskan variasi Purchase Intention di Comedy Kopi Sutos sebesar 58,1 %. Sedangkan sisanya sebesar 41,9 % dijelaskan oleh variabel lain yang tidak teramati. Hasil pengujian hipotesis melalui uji F diketahui nilai signifikan sebesar 0,000 dimana nilai jauh dari tingkat signifikan sebesar 0,05. Sehingga Store Atmosphere dan Peer Pressure secara bersamaan mempengaruhi Purchase Intention. uji t nilai signifikan Store Atmosphere sebesar 0,000 dan nilai signifikan Peer Pressure sebesar 0,038 dimana nilai signifikan jauh lebih kecil dari tingkat signifikasi sebesar 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima pada tingkat signifikansi 5%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Berman, Barry and Joel R. Evans, Retail Management. A Strategic Approach, Tenth Edition, Prentice Hall International, inc. New Jersey, 2007.

Gillani, F., 2012.”Impact of Peer Pressure and Stora Atmosphere on Purchase Intention: An Empirical Study on The Youngsters in Pakistan, International Journal of Academic Research in Business and Social Science, vol 2 no.7.

R. Makgosa, & K. Mohube., 2007,“Peer Influence on Young Adults’ Products Purchase Decisions”, African Journal of Business Management, 64-71

Setiawan, T., dan Richard A., “Pengaruh Brand Image dan Product Knowledge Terhadap purchase Intention”. Skripsi, Universitas Tarumanagara, www.tsm.ac.id, 2012

Utami, C.W, 2006, Manejemen Ritel, Salemba Empat, Jakarta.

http://www.123helpme.com, diunduh 29 Februari 2013

http://www.bisnis.com, diunduh 28 Februari 2013

http://www.comedykopi.com, diunduh 1 Maret 2013

http://www.dokterbisnis.net, diunduh 10 Agustus 2013.

http://www.surabayapost.co.id, diunduh 28 Februari 2013

http://www.tanbihun.com, diunduh 1 Maret 2013
Published
2013-09-20