PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN PEER PRESSURE TERHADAP PURCHASE INTENTION COMEDY KOPI SUTOS DI SURABAYA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Store Atmosphere, Peer Pressure terhadap Purchase Intention pada Comedy Kopi Sutos. Responden yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 130 orang responden yang pernah mengunjungi dan membeli produk Comedy Kopi Sutos dalam 1 tahun terakhir, responden dengan pendidikan minimum SMA atau sederajat yang pernah mengunjungi dan membeli produk Comedy Kopi Sutos dalam 1 tahun terakhir minimal 3 kali dan memiliki kelompok. Selain itu berdomisili di Surabaya. Metode pengolahan data yang digunakan adalah analisis Regresi Linier Berganda dan analisis koefisien determinasi, Pengujian hipotesis menggunakan Uji F dan Uji t. Pengaruh Store Atmosphere, Peer Pressure terhadap Purchase Intention ditunjukkan pada nilai koefisien regresi sebesar 0,762. Dari hasil analisis koefisien determinasi (R2) diketahui besarnya R2 adalah 0,581 yang berarti variasi Store Atmosphere, Peer Pressure mampu menjelaskan variasi Purchase Intention di Comedy Kopi Sutos sebesar 58,1 %. Sedangkan sisanya sebesar 41,9 % dijelaskan oleh variabel lain yang tidak teramati. Hasil pengujian hipotesis melalui uji F diketahui nilai signifikan sebesar 0,000 dimana nilai jauh dari tingkat signifikan sebesar 0,05. Sehingga Store Atmosphere dan Peer Pressure secara bersamaan mempengaruhi Purchase Intention. uji t nilai signifikan Store Atmosphere sebesar 0,000 dan nilai signifikan Peer Pressure sebesar 0,038 dimana nilai signifikan jauh lebih kecil dari tingkat signifikasi sebesar 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima pada tingkat signifikansi 5%.
Downloads
References
Gillani, F., 2012.”Impact of Peer Pressure and Stora Atmosphere on Purchase Intention: An Empirical Study on The Youngsters in Pakistan, International Journal of Academic Research in Business and Social Science, vol 2 no.7.
R. Makgosa, & K. Mohube., 2007,“Peer Influence on Young Adults’ Products Purchase Decisions”, African Journal of Business Management, 64-71
Setiawan, T., dan Richard A., “Pengaruh Brand Image dan Product Knowledge Terhadap purchase Intention”. Skripsi, Universitas Tarumanagara, www.tsm.ac.id, 2012
Utami, C.W, 2006, Manejemen Ritel, Salemba Empat, Jakarta.
http://www.123helpme.com, diunduh 29 Februari 2013
http://www.bisnis.com, diunduh 28 Februari 2013
http://www.comedykopi.com, diunduh 1 Maret 2013
http://www.dokterbisnis.net, diunduh 10 Agustus 2013.
http://www.surabayapost.co.id, diunduh 28 Februari 2013
http://www.tanbihun.com, diunduh 1 Maret 2013
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.