ASPEK HUKUM KONTRAK WARALABA PADA KEGIATAN USAHA JASA MAKANAN DAN MINUMAN
Abstract
Waralaba merupakan salah satu sistem pemasaran yang sedang berkembang pesat di kalangan pelaku bisnis khususnya yang bergerak pada kegiatan usaha jasa makanan dan minuman. Namun, hingga saat ini masih banyak pelaku bisnis yang tidak memahami karakteristik dari kontrak waralaba serta kaitannya dengan Hak Kekayaan Intelektual dan hukum persaingan usaha. Penerima Waralaba yang umumnya berada dalam posisi yang lemah akhirnya terpaksa menyetujui klausul-klausul kontrak waralaba yang sebenarnya bertentangan dengan norma-norma hukum yang berlaku. Artikel ini bertujuan untuk menegaskan karakteristik kontrak waralaba, kaitannya dengan Hak Kekayaan Intelektual dan hukum persaingan usaha, serta perlindungan hukum bagi penerima waralaba dalam kontrak waralaba khususnya pada bidang usaha jasa makanan dan minuman sehingga tidak terjadi kesalahan yang sama di kemudian hari.
Downloads
References
Hadjon, Philipus M. dan Tatiek Sri Djatmiati. Argumentasi Hukum, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, Maret 2009.
Hariyani, Iswi, R. Serfianto, dan Cita Yustisia S. Merger, Konsolidasi, Akuisisi, & Pemisahan Perusahaan (Cara Cerdas Mengembangkan & Memajukan Perusahaan). Jakarta: Visimedia, 2011.
Hernoko, Agus Yudha. Hukum Perjanjian: Asas Proporsionalitas Dalam Kontrak Komersial, Jakarta: Kencana, 2011.
H.S., Salim. Perkembangan Hukum Kontrak Innominaat Di Indonesia, Jakarta: Sinar Grafika, April 2010.
Marzuki, Peter Mahmud. Penelitian Hukum. Jakarta: Kencana, 2006.
Prawirohamidjojo, R. Soetojo dan Marthalena Pohan. Bab-Bab Tentang Hukum Benda. Surabaya: PT Bina Ilmu, 1991.
Widjaja, Gunawan. Lisensi, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2003.
Hanim, Lathifah. Perlindungan Hukum HaKI Dalam Perjanjian Waralaba Di Indonesia. Jurnal Hukum, Volume XXVI Nomor 2, Agustus 2011.
Hernoko, Agus Yudha. Prinsip-Prinsip Negosiasi Dalam Kontrak Bisnis. Yuridika, Volume 18 Nomor 3, Mei-Juni 2003.
Marzuki, Peter Mahmud. Batas-Batas Kebebasan Berkontrak. Yuridika, Volume 18 Nomor 3, Mei-Juni 2003.
Rivai, M. Muchtar. Pengaturan Waralaba Di Indonesia: Perspektif Hukum Bisnis. Jurnal Liquidity, Volume 1 Nomor 2, Juli-Desember 2012.
Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 Tentang Larangan Praktek Monopoli Dan Persaingan Usaha Tidak Sehat, LN Nomor 33 Tahun 1999, TLN Nomor 3817
Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2000 Tentang Rahasia Dagang, LN Nomor 242 Tahun 2000, TLN Nomor 4044
Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001 Tentang Merek, LN Nomor 110 Tahun 2001, TLN Nomor 4131
Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2007 Tentang Waralaba, LN Nomor 90 Tahun 2007, TLN Nomor 4742
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.