PEMBUATAN COMPUTER AIDED LEARNING MATEMATIKA BILANGAN PECAHAN UNTUK ANAK KELAS 6 SD

  • Felix Budihartanto Program Multimedia Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 116 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 113 times
Keywords: CAL, Matematika, Pecahan

Abstract

Pelajaran matematika merupakan pelajaran yang sulit bagi kebanyakan siswa. Hal ini dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan monoton sehingga anak bosan dan malas untuk mempehatikan. Hal itu akan mengakibatkan prestasi dalam bidang matematika juga kurang baik, sehingga siswa mengikuti kursus agar dapat mengerti materi-materi yang diajarkan di sekolah.  Pada saat ini sudah banyak pembelajaran yang berbasis hiburan dan game yang beredar, karena itu lebih menyenangkan dan tidak monoton. Oleh karena itu, metode pembelajaran menggunakan animasi dan game merupakan metode yang tepat untuk meningkatkan minat belajar siswa akan matematika. Maka dari itu dibuatlah sebuah aplikasi yang menarik dan interaktif tentang pecahan ini yaitu CAL(Computer Aided Learning).  CAL yang akan dibuat ini akan terdapat 10 pelajaran dimana tiap pelajaran terdapat animasi tentang pembelajaran tersebut. Selain itu juga akan ada halaman evaluasi pada tiap topik yang bertujuan untuk mengukur pemahaman siswa tentang topik pecahan tersebut.  Aplikasi ini sudah melalui proses uji coba dan evaluasi. Hasil uji coba dan evaluasi memberikan hasil yang dan sesuai dengan tujuan yang diinginkan, karena menurut pengguna, aplikasi pembelajaran matematika bilangan pecahan ini menarik sehingga anak-anak dapat memahami pecahan dengan lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Drs. J. Untoro. (2012). Buku Pintar Matematika SD untuk Kelas 4, 5, dan 6. Jakarta: WahyuMedia.

Drs. Yus Rusamsi dkk. 2006. Asyik Berhitung Matematika. Jakarta:Yudhistira.

Gittings Christian. (2010). How Computer Aided Learning. http://www.scribd.com/doc/25232711/Computer-Aided-Learning

G. Hadgraft, Roger. (2009). Computer-Aided Learning and Assessment is Needed to Aid Project-based Learning. http://www.sefi.be/wp-content/abstracts/1151.pdf

Newton, B.A. Wahid. (2012). Computer Aided Learning Programme. http://education.brac.net/
index.php?option=com_content&view=article&id=181&Itemid=847

Riyadussoli. (2010). Pecahan = Pembilang Penyebut. http://www.scribd.com/doc/24884775/Pecahan-Pembilang-Penyebut

Shiksha Abhiyan, Sarva. (2013). Computer Aided Learning (CAL). http://gujarat-education.gov.in/ssa/projects/
computer_aided_learning.htm

Yusuf Syamsu LN., M.Pd., Dr. H. 2000. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Published
2013-09-20