PEMBUATAN COMPUTER AIDED LEARNING MATEMATIKA BILANGAN PECAHAN UNTUK ANAK KELAS 6 SD
Abstract
Pelajaran matematika merupakan pelajaran yang sulit bagi kebanyakan siswa. Hal ini dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan monoton sehingga anak bosan dan malas untuk mempehatikan. Hal itu akan mengakibatkan prestasi dalam bidang matematika juga kurang baik, sehingga siswa mengikuti kursus agar dapat mengerti materi-materi yang diajarkan di sekolah. Pada saat ini sudah banyak pembelajaran yang berbasis hiburan dan game yang beredar, karena itu lebih menyenangkan dan tidak monoton. Oleh karena itu, metode pembelajaran menggunakan animasi dan game merupakan metode yang tepat untuk meningkatkan minat belajar siswa akan matematika. Maka dari itu dibuatlah sebuah aplikasi yang menarik dan interaktif tentang pecahan ini yaitu CAL(Computer Aided Learning). CAL yang akan dibuat ini akan terdapat 10 pelajaran dimana tiap pelajaran terdapat animasi tentang pembelajaran tersebut. Selain itu juga akan ada halaman evaluasi pada tiap topik yang bertujuan untuk mengukur pemahaman siswa tentang topik pecahan tersebut. Aplikasi ini sudah melalui proses uji coba dan evaluasi. Hasil uji coba dan evaluasi memberikan hasil yang dan sesuai dengan tujuan yang diinginkan, karena menurut pengguna, aplikasi pembelajaran matematika bilangan pecahan ini menarik sehingga anak-anak dapat memahami pecahan dengan lebih baik.
Downloads
References
Drs. Yus Rusamsi dkk. 2006. Asyik Berhitung Matematika. Jakarta:Yudhistira.
Gittings Christian. (2010). How Computer Aided Learning. http://www.scribd.com/doc/25232711/Computer-Aided-Learning
G. Hadgraft, Roger. (2009). Computer-Aided Learning and Assessment is Needed to Aid Project-based Learning. http://www.sefi.be/wp-content/abstracts/1151.pdf
Newton, B.A. Wahid. (2012). Computer Aided Learning Programme. http://education.brac.net/
index.php?option=com_content&view=article&id=181&Itemid=847
Riyadussoli. (2010). Pecahan = Pembilang Penyebut. http://www.scribd.com/doc/24884775/Pecahan-Pembilang-Penyebut
Shiksha Abhiyan, Sarva. (2013). Computer Aided Learning (CAL). http://gujarat-education.gov.in/ssa/projects/
computer_aided_learning.htm
Yusuf Syamsu LN., M.Pd., Dr. H. 2000. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.