PEMBUATAN GAME CASUAL “JEBYUURRR!”
Abstract
Game casual sebagai pengisi waktu luang memang digemari oleh orang. Apalagi dengan hadirnya perangkat genggam memungkinkan orang untuk bermain setiap saat. Android sebagai salah satu sistem operasi yang sedang naik daun merupakan teknologi baru yang sedang digemari masyarakat. Aplikasi yang ada di Google Play diunduh sekitar 1.5 miliar kali setiap bulannya dan diperkirakan terus berkembang. Selain itu penggunaan sensor pada pembuatan game di Android masih bisa dieksplorasi lebih lagi. Maka dari itu, penulis membuat sebuah game berbasis Android yang bisa digunakan untuk menghibur dan mengisi waktu luang dengan fitur accelerometer dan fitur suara. Pembuatan aset, tampilan, animasi, dan program pada game ini menggunakan software Adobe Photoshop untuk desain dan juga Eclipse IDE untuk program. Program dibuat dengan bahasa native Android yaitu bahasa Java. Game ini melewati tahap uji coba dan evaluasi melalui kuisioner yang dibagikan kepada tester game yang memiliki hobi bermain game di perangkat genggam. Dari hasil kuisioner, dapat disimpulkan bahwa game ini menarik terutama melalui kontrol yang unik yang berbeda dengan game pada umumnya. Game ini juga dinilai efektif untuk menghilangkan kebosanan dan seru untuk dimainkan berulang-ulang.
Downloads
References
Androidcentral.com, 2013, Android A to Z: What is Dalvik [ Accessed May 7th 2013] Available from: http://www.androidcentral.com/android-z-what-dalvik
Cintabahari.com, 2013, Taman Laut di Indonesia [ Accessed February 2th 2013] Available from: http://cintabahari.com/taman-laut-di-indonesia
Salen, Katie & Eric Zimmerman. 2003. Rules of Play: Game Design Fundamentals. London: The MIT Press
Tekno.kompas.com, 2013, 2013, "Robot Hijau" Masih Kuasai Indonesia [ Accessed March 3th 2013] Available from: http://tekno.kompas.com/read/2012/12/18/09270540/
2013..Robot.Hijau.Masih.Kuasai.Indonesia
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.