REDESIGN CORPORATE IDENTITY TAMAN KANAK-KANAK PERMAI SURABAYA
Abstract
Taman Kanak-Kanak Permai Surabaya adalah sekolah untuk anak usia 2 hingga 6 tahun yang telah berdiri lebih dari 30 tahun. Namun hingga saat ini Taman Kanak-Kanak Permai Surabaya belum menerapkan corporate identity dengan baik dan konsisten. Di saat banyak sekolah lain bermunculan dan memiliki corporate identity yang baik, Taman Kanak-Kanak Permai Surabaya merasa perlu memperkuat identitas dirinya melalui pembuatan corporate identity yang baik, agar dapat terus bersaing dengan sekolah taman kanak-kanak lainnya. Pembuatan corporate identity diawali dengan analisis pada faktor internal dan eksternal sekolah untuk memperoleh keunikan dan kelebihan yang dimiliki. Analisis ini kemudian akan menghasilkan kesimpulan permasalahan apa yang sedang dihadapi dan kebutuhan apa saja yang diperlukan oleh Taman Kanak-Kanak Permai Surabaya. Setelah mendapatkan identitas yang tepat, barulah dibuat konsep desain corporate identity secara keseluruhan. Konsep desain ini kemudian diterapkan secara konsisten kedalam sistem corporate identity mulai dari lambang perusahaan (logo, warna perusahaan, tipografi, maskot dan elemen grafis) sampai kepada penerapan identitas lainnya, seperti Graphic Standard Manual (GSM), stationery (kop surat, amplop, kartu nama, map folder), marketing (brosur, iklan koran, iklan majalah, banner), seragam (staff, guru dan siswa) merchandise (bolpoint, jam), media digital (website), mobil perusahaan, dan signage.
Downloads
References
Ackerman, L.D. 2004. Identity is destiny: Leadership and the roots of value creation. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Ambrose, G. & Harris, P. 2006. The Fundamentals of Typography. USA: Ava Publishing.
Beighley, L. 2010. JQuery For Dummies. USA: Wiley Publishing.Inc.
Bell, S. 2009. Brand Strategy Landor Associate. Telkom Interim Guidelines Internal.pdf.
Callihan, S. 2003. Learn Html 4 in a Weekend. USA: Premier Press.
Dameria, A. 2007. Color Basic: Panduan Dasar Warna untuk Desainer dan Industri Grafika 1st ed. Jakarta: link & Match Graphic.
Dariyo, A. 2007. Psikologi perkembangan anak usia tiga tahun pertama (psikologi Atitama). Bandung: PT.Refika Aditama.
Ferman, A. 2009. 31 Mascots and How They Help The Brand. Pelfusion. [internet] Available at: http://pelfusion.com/31-mascots-and-how-they-help-the-brand/. [Accessed 1 June 2013].
Ince, D. 2001. Flat Page: A Dictionary of the Internet. United Kingdom: Oxford University Press.
Kartajaya, H. 2004. Hermawan Kartajaya on Positioning. Bandung: PT. Mizan Pustaka.
Kartajaya, H. 2006. Hermawan Kartajaya on Segmentation Seri 9 Elemen Marketing. Bandung: PT. Mizan Pustaka.
Kasali, R. 2001. Membidik Pasar Indonesia: Segmentasi, Targeting, dan Positioning. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Landa, R. 2010. Designing Brand Experience. New York: Thompson Delmar Learning.
McFarland, D.S. 2008, JavaScript: The Missing Manual . USA: O'Reilly Media.Inc.
Morioka, A. & Stone, T. 2006. Color Design Workbook. USA: Rockport
Napoles, V. 1988. Corporate ldentity Design. New York: Van Nostrand Reinhold.
Poerwadarminta, W. J. S. 2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Richardson, G. 2005. The Html & Asp Handbook. London: Spinger.
Rustan S. 2009. Layout, Dasar dan Penerapannya. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rustan, S. 2009. Mendesain Logo. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rustan, S. 2011. Huruf, Font dan Tipografi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Saleh, R. Sulistiawan. & Rubianto. 2008. Modifikasi Blog Multiply dengan CSS. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Susanto, A.B. & Wijanarko, H. 2004. Power Branding : Membangun Merek Unggul dan Organisasi Pendukungnya, Bandung: Quantum.
Turner, M. & Rack, J.P. 2004. The study of dyslexia. New York: Kluwer Academic / Plenum Publishers.
Wheeler, A. 2009. Designing Brand Identity. Canada: John Wiley & Sons,Incx.
Unknown. 2012. Website Font Space. Font Lilly, [internet]. Available at: http://www.fontspace.com/apostrophic-lab/lilly [Accessed November 2012].
Unknown. 2012. Website Santa Carolus Surabaya. Yayasan Tarakanita, [internet]. Available at: http://www.tarakanita.or.id/ [Accessed Desember 2012].
Unknown. 2013. Website Santa Clara Surabaya. Santa Clara, [internet]. Available at: http://www.sanclar-mc.sch.id/ [Accessed April 2013].
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.