PEMBUATAN GAME KECERDASAN VERBAL-VISUAL UNTUK SISWA TK-B
Abstract
Dunia teknologi yang berkembang turut berpengaruh pada proses pendidikan pada saat ini. Banyaknya tutorial, video, dijadikan alternatif untuk memudahkan proses belajar. Untuk anak-anak, software pendidikan biasanya dikemas dalam bentuk permainan dengan gambar serta animasi. Namun masih banyak aplikasi yang hanya mementingkan segi visual saja. Sebenarnya, pengetahuan yang dimiliki anak tidak sepenuhnya didapat dari kemampuan visual saja, melainkan kemampuan lain seperti pendengaran. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis terdorong untuk membuat game kecerdasan yang mengutamakan visual dan audio. Teori-teori yang digunakan adalah tentang kecerdasan verbal, kecerdasan visual, psikologi anak, dan multimedia. Kecerdasan bahasa atau verbal-linguistik berkaitan erat dengan kata-kata, baik lisan maupun tertulis beserta aturan-aturannya. Sedangkan kecerdasan visual adalah kemampuan memahami, memproses, dan berpikir dalam bentuk visual. Materi yang dibahas pada aplikasi ini yaitu warna, bentuk, bagian tubuh, transportasi, dan binatang Sebelum pembuatan aplikasi dilakukan, dilakukan analisis kebutuhan sistem terlebih dahulu, yaitu dengan menganalisis kondisi yang ada saat ini serta metode apa saja yang digunakan oleh para pengajar selama ini. Metode yang digunakan yaitu secara lisan, menggunakan alat peraga, dan menggunakan software edukasi. Dari hasil analisis tersebut didapatkan data apa saja yang dibutuhkan oleh calon pengguna dari aplikasi ini. Aplikasi multimedia interaktif ini telah melewati proses uji coba dan evaluasi terhadap siswa TK-B dan guru TK-B. Aplikasi ini mendapatkan respon yang positif karena elemen multimedia yang disajikan mampu menarik minat siswa. Dengan menjalankan aplikasi ini, siswa dapat bermain secara menyenangkan sekaligus melatih kecerdasan verbal-visual mereka. Aplikasi game kecerdasan verbal-visual ini telah berhasil dibuat dan berfungsi sebagai aplikasi yang dapat membantu para pengajar dalam melatih kecerdasan verbal-visual siswa TK-B dengan cara yang menyenangkan.
Downloads
References
Cahyo, A. (2012, Agustus 9). Metode Bermain Lebih Membentuk IQ Anak. Dipetik Februari 25, 2013, dari Centro One: http://www.centroone.com/lifestyle/2012/08/2a/
metode-bermain-lebih-membentuk-iq-anak/
Hakim, Z. (2012, Oktober 26). Mengenal Istilah Multimedia. Retrieved Februari 25, 2013, from http://www.zainalhakim.web.id/posting/mengenal-istilah-multimedia.html
Hofstetter, F. (2001). Multimedia Literacy (Third ed.). Irwin: McGraw-Hill.
Julie. (2011). Mengembangkan Kecerdasan Lewat Bentuk dan Warna. Dipetik Januari 20, 2013, dari http://www.tabloidnova.com/Nova/Keluarga/
Anak/Mengembangkan-Kecerdasan-Lewat-Bentuk-dan-Warna
Musfiroh, T. (2008). Cerdas Melalui Bermain. Jakarta: Grasindo.
Santrock, J. W. (2002). Life-Span Development. Jakarta: Erlangga.
Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Sembiring, K. (2011, Juni 28). Psikologi Perkembangan Anak Usia 3-5 Tahun. Dipetik Februari 25, 2013, dari Shvoong.com: The Global Source for Summaries & Reviews: http://id.shvoong.com/social-sciences/psychology/2179768-psikologi-perkembangan-anak-usia-tahun/#ixzz2LuVRbKvt
Wikipedia. (2013, Mei 15). Kecerdasan. Dipetik Januari 22, 2013, dari Wikipedia: http://id.wikipedia.org/wiki/Kecerdasan
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.