PEMBUATAN MOTION COMIC PENJELASAN ILMIAH TENTANG PERISTIWA SEHARI-HARI UNTUK SISWA SMP

  • Nico Adhinata Program Studi Multimedia Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 289 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 1179 times
Keywords: pengetahuan, ilmiah, peristiwa, sehari-hari, motion comic

Abstract

Saat ini siswa SMP sudah mendapatkan pelajaran baru seperti fisika, kimia, dan biologi. Ketertarikan siswa untuk mempelajari pelajaran-pelajaran tersebut menjadi berkurang karena ada banyak istilah dan rumus. Pelajaran-pelajaran ilmiah tersebut juga tidak diimbangi dengan pengetahuan umum ilmiah dalam kehidupan sehari-hari. Mereka diajarkan hubungan pelajaran dan kegunaannya hanya berdasarkan buku teks saja. Selain itu, belum adanya media interaktif yang menarik dan mengajarkan pengetahuan ilmiah dalam kehidupan sehari-hari juga menjadi faktor rendahnya pengetahuan umum ilmiah siswa SMP di luar konteks buku. Untuk menambah pengetahuan umum ilmiah dan hubungannya dalam kehidupan sehari-hari dibuatlah aplikasi Motion Comic Penjelasan Ilmiah Tentang Peristiwa Sehari-Hari Untuk Siswa SMP. Pengetahuan umum ilmiah disajikan dalam bentuk cerita motion comic yang menggabungkan gambar, suara, dan animasi yang menarik. Motion comic disajikan dengan balon kata serta suara karakter. Pada aplikasi juga disediakan ringkasan materi cerita dan ensiklopedia untuk menjelaskan secara singkat istilah-istilah ilmiah yang digunakan dalam cerita. Aplikasi ini sudah melalui proses uji coba dan evaluasi dalam bentuk wawancara terhadap siswa SMP. Hasil uji coba dan evaluasi menunjukkan hasil yang positif, siswa mendapatkan pengetahuan umum ilmiah baru dan ingin mengetahui lebih lanjut pengetahuan-pengetahuan umum ilmiah lainnya. Penyajian gambar, suara, dan animasi motion comic juga mendapat respon positif dari pengguna. Aplikasi Motion Comic Penjelasan Ilmiah Tentang Peristiwa Sehari-Hari Untuk Siswa SMP telah berhasil dibuat dan berfungsi sebagai media interaktif yang menarik dan memberikan pengetahuan umum ilmiah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiyanto, J. 2009. Fisika : Untuk SMA/MA Kelas XII. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.

Brown, T.L. 2003. Chemistry – the Central Science, 9th Ed. New Jersey: Prentice Hall.

Effendy. 2008. Teori VSEPR, Kepolaran, dan Gaya Antarmolekul. Malang: Bayumedia Publishing.

Grisham, Charles M.; Reginald H. Garrett. 1999. Biochemistry. Philadelphia: Saunders College Pub.

Haynie, Donald T. 2001. Biological Thermodynamics. Cambridge: Cambridge University Press

Jensen, William B. J. 2009. The Origin of the "Delta" Symbol for Fractional Charges . http://pubs.acs.org/doi/abs/10.1021/ed086p545. (Diakses pada tanggal 15 Juni 2013).

Leigh, G. J., ed. 1990. International Union of Pure and Applied Chemistry, Commission on the Nomenclature of Inorganic Chemistry, Nomenclature of Organic Chemistry– Recommendations 1990. Oxford: Blackwell Scientific Publications.

Michael, Purba. 2007. Buku Paket Kimia Kelas XII. Jakarta : Erlangga.

Rahayu, I. 2009. Praktis Belajar Kimia, Untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.

Rochmah, S. N., Sri Widayati, M. Miah. 2009. Biologi : SMA dan MA Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.

Saripudin, A., D. Rustiawan K., dan A. Suganda. 2009. Praktis Belajar Fisika 1 : untuk Kelas 10 Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan Alam. Pusat Perbukuan Departemen Nasional, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta

Sunarya, Y. dan A. Setiabudi. 2009. Mudah dan Aktif Belajar Kimia 1 : Untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.

McBride, Sarah. (July 18, 2008). "Web Draws on Comics". Wall Street Journal. http://online.wsj.com/public/article/
SB121634908179464605.html. (Diakses pada tanggal 15 Juni 2013).
Published
2013-09-20