PEMBUATAN FILM INTERAKTIF MENGGUNAKAN KONTROL SUARA

  • Aditya Bonaficio Calderon Program Studi Multimedia Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 126 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 256 times
Keywords: film, interaktif, suara, speech recognition

Abstract

Film merupakan salah satu media hiburan yang sangat populer pada jaman sekarang ini. Sayangnya kebanyakan film yang ditawarkan pada saat ini memaksa penonton pasif dan menerima cerita yang disajikan sepenuhnya. Akhirnya ditambahkanlah interaktivitas ke dalam film dan memberi komunikasi dua arah antara film dan penonton. Namun interaktivitas yang saat ini banyak ada pada film interaktif masih kurang intuitif sehingga tidak ada pengalaman emosional yang dirasakan oleh penonton. Dengan memberikan interaktivitas menggunakan suara, penonton akan lebih merasa berkomunikasi dengan karakter virtual pada film. Maka dari itu penulis membuat film interaktif menggunakan kontrol suara yang dapat memberi penonton pengalaman emosional dari segi narativitas maupun interaktivitas. Film interaktif ini dijalankan melalui media komputer, dimana pengguna harus menggunakan mikrofon untuk berinteraksi dengan karakter virtual dan menentukan alur cerita yang bervariasi. Sebelum aplikasi ini dibuat diperlukan analisis kebutuhan sistem, yang didapatkan dengan menganalisis kondisi saat ini dan media sejenis. Dari analisis tersebut didapatkan kelebihan dan kekurangan dari film interaktif yang pernah dibuat. Setelah analisis selesai, maka pembuatan aplikasi dapat dimulai. Tahap awal pembuatan aplikasi film interaktif yaitu dengan mendesain interaktivitas, karakter, cerita, logo dan tampilan. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan software Microsoft Visual Studio 2012 untuk tampilan dan program, Adobe Illustrator CS6 untuk pembuatan aset, Adobe Premiere Pro CS6 dan Adobe After Effect CS6 untuk mengolah video yang didapat dan Protools MP9 untuk perekaman dialog.  Aplikasi film interaktif sudah melewati proses uji coba dan evaluasi dengan cara melakukan uji akurasi yang menggunakan halaman uji coba dan memberikan kuisioner pada pengguna yang telah selesai menggunakan aplikasi serta menonton film interaktif. Hasil uji coba dan evaluasi memeberikan hasil yang memuaskan dan sesuai dengan tujuan yang diinginkan karena pengguna mendapat pengalaman emosional baik dari segi narativitas maupun interaktivitas film interaktif. Aplikasi Film Interaktif Menggunakan Kontrol Suara telah berhasil dibuat dan dapat berfungsi sebagai media hiburan baru yang modern karena memberi pengalaman yang unik dan baru kepada pengguna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Campbell Jr, J. P., 1997. Speaker Recognition [online]. [Accessed November 1st 2012]. Available from : www.cse.msu.edu/~cse891/Sect601/textbook/8.pdf.

Kramar, D. & Lugima, R., 2012. Interactive Cinema [online]. [Accessed November 7th 2012]. Available from : http://intcinema.weebly.com/definition.html

Rouse, M., 2007. Voice Recognition (Speech Recognition) [online]. [Accessed November 4th 2012]. Available from : http://searchcrm.techtarget.com/definition/voice-recognition

Ryan, M-L., 2003. Narrative as virtual reality: immersion and interactivity in literature and electronic media, Johns Hopkins University Press, Baltimore ; London

Ryan, M-L., 2005. Peeling the Onion: Layers of Interactivity in Digital Narrative Texts [online]. [ Accessed November 17th 2012]. Available from : users.frii.com/mlryan/onion.htm

Sosiawan, E. Sinematografi [online]. [Accessed November 7th 2012]. Available from : http://edwi.dosen.upnyk.ac.id/Sinematografi%201.doc

Zhao, W., 2005. Dissertation : How can interactive film challenge conventional film in the interactive media age? [online]. [Accessed November 17th 2012]. Available from : http://weixuansssdissertation.tumblr.com/
Published
2013-09-20