PEMBUATAN VIRTUAL TOUR INTERAKTIF KEMAH SUCI

  • Claudya Sungkono Program Multimedia Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 170 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 156 times
Keywords: Kemah Suci, virtual tour, interaktif, Kristen

Abstract

Kemah Suci merupakan tempat ibadah umat Israel pada jaman dahulu. Dalam perjanjian lama pada Kitab Suci orang Kristiani yang disebut Alkitab, Kemah Suci digambarkan oleh Tuhan sendiri yang kemudian difirmankan kepada Nabi Musa untuk membangunnya. Saat ini, Kemah Suci sedang ditelusuri  letak dan keberadaannya. Di sisi yang berbeda, Kemah Suci yang tertulis secara rinci pada Alkitab ternyata memiliki arti rohani yang belum banyak diketahui oleh orang Kristen. Penataan pada Kemah Suci juga merupakan hal yang penting untuk dipelajari dan dimengerti. Bahkan, Kemah Suci seharusnya merupakan landasan orang Kristen untuk bersekutu dengan Tuhan. Namun, sebagian orang Kristen tidak mengerti tentang hal ini. Melihat hal tersebut, maka dibuatlah sebuah media virtual tour interaktif untuk membantu umat Kristen mempelajari makna Kemah Suci serta membantu mempelajari penataannya. Dalam aplikasi virtual tour interaktif ini, Kemah Suci divisualkan secara 3D dan pengguna dapat berjalan-jalan menggunakan tombol yang disediakan. Selain itu, pengguna juga dapat melihat detail setiap benda saat mengklik benda-benda yang ada. Aplikasi ini telah melewati proses uji coba dan evaluasi dan mendapatkan respon yang positif karena sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pengguna lewat visualisasi yang ada pada aplikasi. Aplikasi virtual tour interaktif telah berhasil dibuat dan berfungsi sebagai media yang membantu umat Kristen mempelajari makna Kemah Suci dan memetakannya dengan benar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bijak, Jusuf. 1996. Kemah Suci Jilid I. Surabaya: Bukit Zaitun.

Bijak, Jusuf. 1996. Kemah Suci Jilid II. Surabaya: Bukit Zaitun.

Bijak, Jusuf. 1996. Kemah Suci Jilid III. Surabaya: Bukit Zaitun.

Collins, Sons. 1979. Virtual Tours. [internet]Availableat: http://www.archiform3d.com/glossary/virtual-tours.php. [Accessed 26 Maret 2013].

Dameria, A. 2007. Color Basic: Panduan Dasar Warna untuk Desainer dan Industri Grafika 1st ed. Jakarta: link & Match Graphic

Dany, A. 3D Studio Max: Rendering. [internet] Available at: http://www.namagraph.com/tutorial/tutorial-3ds-max/197- 3d-studio-max-rendering. [Accessed 16 Maret 2013].

Karin, Kollen. 1995. Tabernacle of Glory. [internet] Available at: http://www.glencairnmuseum.org/tabernacle/. [Accessed 22 Maret 2013].

Tom, Greverson. 2002. About Panoviewing [internet] Available at: http://www.panoviewing.co.uk/panoramic-viewing.php. [Accessed 22 Maret 2013].
Published
2013-09-20