PEMBUATAN MOTION COMIC LEGENDA SURA DAN BAYA BERBASIS FLASH
Abstract
Era Globalisasi merupakan salah satu faktor utama penyebab lunturnya budaya lokal. Salah satu budaya yang dimiliki ialah cerita legenda. Dari permasalahan tersebut dibutuhkan penyajian yang lebih menarik dalam menyajikan cerita legenda bangsa. Untuk itu dibuatlah sebuah aplikasi multimedia interaktif yang menceritakan tentang legenda Sura dan Baya. Aplikasi ini ditujukan untuk para penggemar komik demi mengenalkan legenda Sura dan Baya. Dalam aplikasi ini, Cerita Legenda Sura dan Baya, legenda disajikan dengan format motion comic yang menggabungkan grafis yang menarik, audio dan sentuhan animasi. Selain itu, aplikasi ini juga ditambah percabangan cerita interaktif dan tentu menjadikan aplikasi lebih menarik lagi. Aplikasi ini telah melalui proses uji coba dan evaluasi dan menghasilkan hasil yang memuaskan. Aplikasi ini telah berhasil mencapai tujuannya dalam mengenalkan legenda Sura dan Baya kepada masyarakat khususnya yang berada di kota Surabaya.
Downloads
References
Draper, C. (2010). What's the Point of a Motion Comic. http://comicsworthreading.com/2009/08/23/e-point-of-a-motion-comic/. (Diakses pada tanggal 15 Januari 2013).
Long, G. (2008). Motion Comics: A State of the Art. http://www.guttergeek.com/motioncomics/motioncomics.html. (Diakses pada tanggal 15 Januari 2013).
Marvel Comic. Marvel Motion Comics. http://www.marvel.com/motion_comics (Diakses pada tanggal 15 Januari 2013).
Samsuni (2009). Asal Usul Nama Kota Surabaya. http://ceritarakyatnusantara.com/id/folklore/302-Asal-Usul-Nama-Kota-Surabaya. (Diakses pada tanggal 15 Januari 2013).
Scholte,J.A., (2002). What Is Globalization? The Definitional Issue. United Kingdom:Department of Politics and International Studies. University of Warwick.
Rahimsah,M.B. (2001). Asal Usul Surabaya. Bintang Indonesia : Jakarta.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.