PEMBUATAN MOTION COMIC LEGENDA SURA DAN BAYA BERBASIS FLASH

  • Kevin Andy Program Multimedia Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 234 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 217 times
Keywords: globalisasi, cerita legenda, sura dan baya, motion comic

Abstract

Era Globalisasi merupakan salah satu faktor utama penyebab lunturnya budaya lokal. Salah satu budaya yang dimiliki ialah cerita legenda. Dari permasalahan tersebut dibutuhkan penyajian yang lebih menarik dalam menyajikan cerita legenda bangsa. Untuk itu dibuatlah sebuah aplikasi multimedia interaktif yang menceritakan tentang legenda Sura dan Baya. Aplikasi ini ditujukan untuk para penggemar komik demi mengenalkan legenda Sura dan Baya. Dalam aplikasi ini, Cerita Legenda Sura dan Baya, legenda disajikan dengan format motion comic yang menggabungkan grafis yang menarik, audio dan sentuhan animasi. Selain itu, aplikasi ini juga ditambah percabangan cerita interaktif dan tentu menjadikan aplikasi lebih menarik lagi.  Aplikasi ini telah melalui proses uji coba dan evaluasi dan menghasilkan hasil yang memuaskan. Aplikasi ini telah berhasil mencapai tujuannya dalam mengenalkan legenda Sura dan Baya kepada masyarakat khususnya yang berada di kota Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albrecht, C. (2008, Juli 30). The Rise of Motion Comics Online. http://newteevee.com/2008/07/30/the-rise-of-motion-comics-online/. (Diakses pada tanggal 15 Januari 2013).

Draper, C. (2010). What's the Point of a Motion Comic. http://comicsworthreading.com/2009/08/23/e-point-of-a-motion-comic/. (Diakses pada tanggal 15 Januari 2013).

Long, G. (2008). Motion Comics: A State of the Art. http://www.guttergeek.com/motioncomics/motioncomics.html. (Diakses pada tanggal 15 Januari 2013).

Marvel Comic. Marvel Motion Comics. http://www.marvel.com/motion_comics (Diakses pada tanggal 15 Januari 2013).

Samsuni (2009). Asal Usul Nama Kota Surabaya. http://ceritarakyatnusantara.com/id/folklore/302-Asal-Usul-Nama-Kota-Surabaya. (Diakses pada tanggal 15 Januari 2013).

Scholte,J.A., (2002). What Is Globalization? The Definitional Issue. United Kingdom:Department of Politics and International Studies. University of Warwick.

Rahimsah,M.B. (2001). Asal Usul Surabaya. Bintang Indonesia : Jakarta.
Published
2013-09-20