PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN OPERASI HITUNG MATEMATIKA UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • Samuel Poernomo Putra Program Multimedia Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 296 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 559 times
Keywords: multimedia, matematika, visualisasi, belajar

Abstract

Operasi hitung bilangan adalah salah satu materi yang cukup susah dipahami. Pembelajaran tentang operasi hitung pada buku paket kelas IV SD lebih mengarah ke teori, tanpa membahas tentang bagaimana memberikan logika dalam memahami materi tersebut. Hingga saat ini belum ada media pembelajaran yang dapat memberikan pemahaman tentang hal tersebut. Maka dari itu, penulis membuat media pembelajaran yang dapat memberikan materi bukan hanya dengan kata-kata, namun juga dengan cara visual agar para siswa lebih mengerti tentang operasi hitung bilangan. Aplikasi ini dijalankan melalui media komputer, di mana siswa dapat berinteraksi dengan aplikasi dan dapat memilih topik mana yang ingin dipelajari. Teori-teori yang digunakan adalah tentang teori belajar yang ada hingga saat ini, metode belajar siswa yang dibagi dalam tiga kategori utama, serta teori operasi hitung bilangan. Sebelum pembuatan aplikasi dilakukan analisis kebutuhan sistem, yaitu dengan menganalisis kondisi yang ada saat ini serta hal-hal apa saja yang selama  ini menjadi materi tambahan. Dari hasil analisis tersebut didapatkan data apa saja yang dibutuhkan oleh calon pengguna dari aplikasi ini. Pembuatan aset, desain user interface, animasi, dan program pada aplikasi ini menggunakan software Adobe Flash Professional, Adobe Photoshop, dan Adobe Illustrator. Aplikasi ini telah melewati proses uji coba dan evaluasi terhadap siswa, orangtua, serta guru matematika SD dan mendapatkan respon yang positif karena sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh siswa dan guru terutama lewat visualisasi yang ada pada aplikasi. Media Pembelajaran Operasi Hitung Matematika untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar telah berhasil dibuat dan berfungsi sebagai media pendamping pembelajaran yang mampu memberikan penjelasan dan visualisasi yang tepat bagi penggunanya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DePorter, B. Reardon, M. & Singer-Nourie, S., 1999. Quantum Teaching Orchestrating Student Success. Massachusetts: A Viacom Company

Dahar, 1998. Teori-Teori Belajar. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Nugroho, Eko, Dr.Ir.M.Si., 2008. Pengenalan Teori Warna. Jogjakarta: Andi.

Hudoyo, Herman. 1988. Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Depdikbud.

Indriyastuti. 2012. Matematika 4 : Untuk Kelas IV SD dan MI. Solo : Tiga Serangkai
Published
2013-09-20