PERANCANGAN STRATEGI BAURAN DAN KOMUNIKASI PEMASARAN PADA RUMAH MAKAN AYAM GORENG DAN IKAN BAKAR BU COKRO SURABAYA
Abstract
Persaingan dalam dunia bisnis semakin hari semakin ketat. Salah satu dunia bisnis yang saat ini mulai banyak diminati adalah bisnis rumah makan. Banyaknya pelaku bisnis yang mencoba merambah bisnis rumah makan menyebabkan peningkatan jumlah rumah makan semakin hari semakin bertambah sehingga persaingan antar rumah makan cukup tinggi khusunya di Surabaya. Rumah Makan Ayam Goreng dan Ikan Bakar Bu Cokro merupakan salah satu rumah makan di Surabaya yang berdiri pada tahun 2006 yang berlokasi di Jalan Raya Dharmahusada 190. Rumah makan ini merupakan rumah makan yang menyediakan berbagai menu masakan Indonesia dengan menu favorit ayam goreng dan ikan bakar. Rumah Makan Ayam Goreng dan Ikan Bakar Bu Cokro memerlukan strategi pemasaran yang tepat dan sesuai untuk meningkatkan penjualan serta dapat mempertahankan loyalitas konsumen sehingga konsumen yang sudah mengunjungi Rumah Makan Ayam Goreng dan Ikan Bakar Bu Cokro akan kembali lagi. Penelitian dilakukan dengan merancang strategi bauran pemasaran 8P (Product elements, Place, Promotion, Price and other cost of service, Process, Productivity and quality, People, Physical evidence), serta Marketing Communication Design. Marketing communication design merupakan cara untuk mengkomunikasikan merk Rumah Makan Ayam Goreng dan Ikan Bakar Bu Cokro kepada konsumen. Media yang dipilih dalam hal ini adalah media komunikasi. Media komunikasi yang dipakai antara lain brosur, website, dan stasionary set yang berupa piring, gelas, kartu nama, member card, seragam karyawan, nomor meja, kotak kemasan, kertas surat dan amplop, kotak tissue, buku menu dan kalender. Total anggaran promosi yang dikeluarkan untuk media komunikasi tersebut sebesar Rp 8.530.000.
Downloads
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.