PEMBUATAN WEBSITE BAGI GEREJA KRISTEN XYZ

  • Wrendi Santosa Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 387 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 829 times
Keywords: Internet, Media Informasi, Website, CodeIgniter

Abstract

Di zaman modern ini, banyak orang mulai memanfaatkan Internet sebagai sumber informasi yang utama. Sebagai lembaga sosial yang bersangkutan dengan banyak orang dan informasi, Gereja Kristen “XYZ” seharusnya memiliki website sebagai media informasi yang dapat mempercepat dan mempermudah jemaat dalam pencarian informasi. Gereja Kristen “XYZ” perlu memperhatikan fitur-fitur yang akan dicantumkan dalam website. Fitur-fitur yang melengkapi website sebuah gereja antara lain profil gereja, data perpustakaan, kalender jadwal, pokok doa, fasilitas pendaftaran berbagai acara,  dan lain sebagainya. Selain itu, hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan website adalah tampilan dari website tersebut, sehingga tercipta website yang menarik, nyaman dikunjungi, serta mendukung perputaran informasi gereja. Website Gereja Kristen “XYZ” ini dibangun menggunakan framework CodeIgniter, yang dapat membantu mempercepat pengembangan aplikasi web berbasis PHP. Sedangkan untuk pembuatan basis datanya, digunakan program MySQL. Selain dengan menggunakan CSS, tampilan dari website ini juga didukung dengan menggunakan JQuery. Setelah proses implementasi selesai, dilakukan uji coba terhadap website agar dicapai kesimpulan bahwa website ini interaktif dan mempermudah serta mempercepat jemaat dalam memperoleh informasi seputar Gereja Kristen “XYZ”. Setelah uji coba dilakukan dengan metode Job Test dan tanya jawab maka dapat ditarik kesimpulan bahwa, website Gereja Kristen “XYZ” berhasil memenuhi tujuannya yakni dapat mempercepat dan mempermudah jemaat mencari informasi dan berinteraksi satu sama lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basuki, AwanPribadi. 2010. Membangun WEB Berbasis PHP dengan Framework CodeIgniter. Yogyakarta: LokoMedia.

Bibeault, Bear and Katz, Yehuda, jQuery in Action. United States: Manning Publications, 2008, 295.

Elmasri. R. and Navathe, S.B. 2000. Fundamentals of Database Systems.3rd Edition. USA: Addison Wesley.

Hakim, Lukmanul. 2010. Bikin Website Super Kerendengan PHP danjQuery.Yogyakarta: LokoMedia.

Hasyim, N. 2003.HTML (Hypertext Markup Language) dan CSS (Cascading Style - Sheet).http://www.ilmukomputer.org/wp-content/upload/2006/08/nurhasyim- htmlcss.zip

Jogiyanto. 2005. AnalisisdanDesainSistemInformasi.EdisiKeempat. Yogyakarta: Andi.

Sunafrihantono, Bimo S.T. 2006. PHP dan MySQL untuk Web. Yogyakarta: Andi. Peranginangin, Kasiman. 2006. Aplikasi WEB dengan PHP dan MySQL.Yogyakarta: Andi.

Widyatama, Agus. "Pengertian Website Portal."16feb2012. distroblogger.com, Web.06 Agustus 2012..
Published
2013-09-20